Beranda BERITA TERBARU 25 Tahun Puasa Batagak Panghulu, Nagari Aua Kuniang Bakal Baralek Gadang

25 Tahun Puasa Batagak Panghulu, Nagari Aua Kuniang Bakal Baralek Gadang

156
0
BERBAGI

Payakumbuh -maklumatnews.net- Antusias masyarakat Nagari Aua Kuniang benar-benar luar biasa menjelang hari H nanti, tampak saat puluhan anak nagari sedang latihan Tari Pasambahan didepan Kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) Aua Kuniang, masyarakat tumpah ruah memenuhi halaman Kantor KAN itu pada Jum’at (23/8) malam.

Bagaimana tidak, sudah lebih dari 24 tahun Alek Batagak Panghulu tidak digelar di Kenagarian Aua Kuniang, artinya sejak tahun 1995, nagari yang masyarakatnya terkenal dengan Kerajinan Bambu ini harus “puaso barolek panghulu”.

Dikatakan Dt. Bagindo Saliah Kaampek Suku Bodi Caniago akan ada sebanyak 12 orang Penghulu di Nagari Aua Kuniang akan dikukuhkan nanti dan Alek Batagak Panghulu itu dilaksanakan selama 2 hari.

“Pada hari Sabtu (23/8) akan digelar arak-arakan seluruh kaum dan niniak mamak yang dilewakan di Nagari Aua Kuniang, sedangkan untuk hari minggu (24/8) akan digelar prosesi pengukuhan yang dihadiri oleh Walikota Riza Falepi bersama Forkopimda Kota Payakumbuh,” katanya.

Semarak menjelang alek itu digelar, KAN Aua Kuniang juga menghadirkan kesenian randai di halaman Kantor KAN untuk mengobati kerinduan masyarakat Aua Kuniang dengan tradisi adat yang bernuansa seni ini, pada Jum’at (23/8) malam.

Grup Randai Siti Rasanah, Balai Gurun, Nagari Koto Nan Gadang tampak dengan pakaian adat khas minang tampil dengan membawa tema “Pulang Dari Rantau” menghibur ratusan pasang mata masyarakat Aua Kuniang. Pemain randainya terlihat masih muda-muda.

Ketua LPM Sawah Padang Aua Kuniang Khatib Nasril menyebut suasana ini mengingatkan dirinya pada puluhan tahun silam saat Alek Batagak Panghulu digelar di Aua Kuniang.

“Ada rasa haru dan bahagia dari masyarakat Aua Kuniang, semoga prosesinya lancar sampai selesai hendaknya,” harap Nasril. (FS)

LEAVE A REPLY