Beranda BERITA TERBARU Akademi Komunitas Kembali Tembus PKL di Stasiun Karantina Ikan BIM

Akademi Komunitas Kembali Tembus PKL di Stasiun Karantina Ikan BIM

381
0
BERBAGI

Maklumat news.Mentawai- Mahasiswa Program Studi Diluar Domisili (PDD) Politeknik Negeri Lampung rintisan Akademi Komunitas Negeri Mentawai Angkatan III kembali melaksanakan Praktek kerja Lapang (PKL) Tahun ajaran 2018-2019 di Stasiun Karantina Ikan Kelas I Bandara Internasional Minangkabau (BIM), kabupaten Padangpariaman, Provinsi Sumatra barat.

Menurut salah satu Dosen Pembimbing PKL Guntur, ada dua orang Mahasiswa yang PKL ditempat tersebut Yaitu Alfa Bintang dan Gimi. Disebutkan, Selama PKL, Mahasiswa bakal Fokus pada penelitian Jenis Penyakit Ikan, Lobster dan Udang-udangan.

Sedangkan kata Guntur ada beberapa Labortorium (Lab) sebagai pendukung penelitian Mahasiswa seperti Lab Penanganan penyakit, Lab Karantina. Dan untuk Jenis Ikan yang sering masuk disebutkan seperti Lobster dari Mentawai.

“Ternyata mereka punya Pegawai Kontrak di SKPT Sikakap dan mereka ingin ada penanganan Lopster di Karantina. Karena menurutnya kalo ada Lobster yang sedang bertelur tidak boleh diperjual belikan. Dan harus dikembalikan ke habitatnya.” ungkap Guntur melalui Telepon seluler. Rabu, (27/02).

Kemudian saat memasuki Lab Mahasiswa melepaskan sepatu serta memakai penutup mulut. Selanjutnya Mahasiswa diharuskan melaksanakan Apel pagi. “Pihak Karantina ikan meminta Mahasiswa agar Super Aktif. Dan bagi Dosen Pembimbing mereka meminta datang (Supervisi) setelah satu bulan Mahasiswa melaksanakan PKL.” Tambahnya.

Sementara disebutkan Guntur sebelum kedatangan Mahasiswa PKL, Ketua Program Studi Budidaya Perikanan Emila Busmeri dengan Pihak Karantina BIM telah melakukan Komunikasi sebelumnya. Apalagi, telah ada satu Alumni yang dulu pada tahun 2017 pernah PKL di tempat tersebut.

Terhitung 26 Februari sampai 26 April 2019 atau selama 2 bulan di BIM dikatakan, ada tiga tahap yang dilalui Dosen Pembimbing yakni Mengantar, Supervisi dan Penjemputan. Namun meski demikian ia berharap saat Pembimbing tidak berada ditempat, Mahasiswa tetap menjaga Almamater kampus, bekerja sesui aturan, lebih aktif dan Inovatif dari Angkatan sebelumya.

“Jangan buat Malu kampus kita selama disana, mengenai Prosedur kegiatan jalanilah sesuai ketentuan disana. Usahakan kalian lebh aktif dari pada Pekerja yang ada disana.” tutupnya.

Menurut Alfa Bintang satu dari dua Mahasiswa yang tengah mengikuti PKL ditempat tersebut, dengan Judul PKL tentang Pemeriksaan Hama Penyakit Lobster hijau. Alasan ia mengangkat judul itu karena Lobster saat ini menjadi unggulan yang terbaik di Provinsi Sumatra barat, khusunya kabupaten kepulauan Mentawai.

“Karena daerah kita Mentawai memiliki Lopster yang unggul, kemudian dibawa ke Provinsi Sumbar dan Kemudian di Ekspor ke tingkat Internasional makanya dengan Ilmu selama PKL nanti disini kita dapat menerapkan atau mengekspor Lobster itu.” katanya.

Saat pengantaran Mahasiswa tersebut didampingi Wakil ketua bidang administrasi Akademik dan kemahasiswaan Kurnia Sakerebau serta Dosen Pembimbing Guntur.(ysf)

LEAVE A REPLY