Beranda OPINI Dibagian Mana

Dibagian Mana

390
0
BERBAGI

Www.maklumatnews.net- Pernah ngak sih kalian mengajukan pertanyaan “dibagian mana?”, kata itu mungkin sudah tak asing lagi, pasti sering kita gunakan dalam kegiatan sehari hari saat kita tak tau ia berada dimana. Kayak kamu nanyain pacar kamu dia dimana? Eitss….baper dah kan!! Ngomong ngomong masalah baper ni ya pernah ngak terbesit diotak kalian kenangan itu atau peristiwa yang terjadi atau bahasa kerennya ni ya “memori” itu terletak di otak bagian mana? Sebelum itu mari kita bahas dulu soal otak, otak manusia terdiri dari tiga bagian utama yaitu cerebrum (otak besar),cerebellum (otak kecil), dan batang otak. Dan pada cerebrum (otak besar) terdapat lagi ni bagiannya, waahhh ribet ya heheh… yang mana bagiannya lobus frontalis, lobus parietalis, lobus occipitalis,lobus temporalis. Lalu untuk kalian ketahui memori itu juga ada bagiannya ya, yaitu memori jangka panjuang dan memori jang pendek. So, dibagian mana memori itu tersimpan? Jawabannya di lobus frontalis, tepatnya dibagian prefrontal diotak besar manusia.

Jadi ni ya, segala ingatan atau kenangan kalian itu, bak kenangan bahagia, sedih, kecewa bahkan ditinggal kekasih itu akan tersimpang diotak besar bagian depan yang diebut lobus frontalis. Dan sewaktu waktu ingatan itu bisa dipanggil kembali tanpa kalian sadar hanya karna dipicu oleh hal hal sederhana, bagi kalian yang memiliki traumatik atau kejadian buruk dimasa lalu ketika kalian bertemu atau mendengar hal hal yang berkaitan dengan kejadian dimasa lalu maka kenangan terhadap peristiwa itu akan datang dan membuat kalian terganggu, begitu juga sebaliknya dengan kenangan bahagia. Nah, ingatan itu juga ada bagiannya loh,seperti ingatan implisit (ingatan yang terbentu dari ingatan masa lalu) contohnya ketika kalian menonton sebuah film berulang ulang maka ketika kalian melihat film yang sama kalian akan secara otomatis mengethaui alur selanjutnya, yang kedua ingatan prosedural (ingatan yang tidak sengaja muncul) contohnya seorang atlet bulu tangkis yang sudah tau caranya bermain bulu tangkis, ketiga ingatan eksplisit (ingatan yang memerlukan usaha untuk mengingatnya kembali) contohnya ketika kamu tau orangnya namun tidak tau namanya maka kamu akan berusaha mengingat siapa nama orang tersebut, keempat ingatan semantik (ingatan umum) contohnya nama buah dan lain lain, kelima ingatan episodik (ingatan karna mengalami kejadian tertentu) contohnya kenangan pertama kali masuk sekolah.

Nah, jadi udah terjawabkah dibagian mana? Jadi dibagian mana semua kenangan kalian berada? Bagi kalian yang mencari ingatan kalian itu berada dimana udah tau kan? Apalagi ingatan bareng sang kekasih contohnya berada di ingatan episodik, ketika kalian mengingat pertama kali bertemu atau bertama kali saling menatap wkwkwk… nah kalian bisa baca sendiri ya dibagian mananya. Semoga bermanfaat ya.

LEAVE A REPLY