Beranda BERITA TERBARU DOSEN STKIP PGRI SUMBAR MEMBERIKAN SOSIALISASI TENTANG PTK DI SD PT. BTN...

DOSEN STKIP PGRI SUMBAR MEMBERIKAN SOSIALISASI TENTANG PTK DI SD PT. BTN PASAMAN

228
0
BERBAGI

Pasaman-maklumatnews.net-STKIP PGRI Sumatera Barat merupakan salah satu perguruan tinggi yang ada di Propinsi Sumatera Barat dan selalu menerapkan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu melakukan Pengabdian pada masyarakat.

Pengabdian pada masyarakat dilakukan untuk memberikan sosialisasi, penyuluhan, workshop, dan kegiatan lainnya dengan tujuan meningkatkan kualitas, kompetensi, hingga peningkatan produksi untuk masyarakat yang membutuhkan. Agar masyarakat yang membutuhkan dapat langsung memahami dan menerima tata cara sosialisasi, penyuluhan, workshop secara kualitas dan kompetensi.

Pada semester Ganjil Tahun Ajaran 2019/2020, Dosen STKIP PGRI Sumatera Barat kembali melakukan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan di Sekolah Dasar (SD) PT. BTN, yang berlokasi di perkebunan sawit milik PT. BTN, di Kabupaten Pasaman Barat. Kegiatan ini dilaksanakan oleh 4 orang dosen, yaitu Budi Juliardi, SH., M.Pd., (Prodi PPKn), Dr. Yusutria, M.A., (Prodi Pendidikan Matematika), Yenita Yatim., S.Sos., M.Pd., (Prodi Pendidikan Sosiologi), dan Yuherman, S.P., M.Pd., (Prodi Pendidikan Geografi), serta dibantu oleh 2 orang mahasiswa, yaitu Pipit Fauriza (Prodi Pendidikan Sosiologi) dan Juni Yanti (Prodi Pendidikan Ekonomi).

“Pengabdian masyarakat ini yang terpenting adalah sasarannya tepat di masyarakat, kedepan kegiatan ini harus lebih ditingkatkan kembali, agar setiap diadakan meningkat mutu dan kelebihannya.” ujar Budi Juliardi melalui siaran pers, Jum’at (15/11) siang.

Ditambahkan Yusutria, kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan benar-benar mampu membawa dampak baik dan pengaruh positif di masyarakat, khususnya bagi khalayak sasaran dari kegiatan yang dimaksud, jelasnya.

Tema dari kegiatan yang dilakukan kali ini adalah Pemberian Sosialisasi Mengenai Prosedur Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Menurut Yenita Yatim, ternyata masih banyak guru di SD PT. BTN ini yang belum mampu menulis PTK, bahkan beberapa peserta tidak mampu mengoperasikan laptop. Hal ini menjadi kendala sekaligus tantangan tersendiri bagi tim Pengabdian pada masyarakat agar kondisi ini bisa diubah ke arah yang lebih baik, maka dengan dilakukannya kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat bisa menjadi perubahan yang prima bagi masyarakat terutama guru-guru SD PT. BTN, terangnya.

“Kegiatan ini disambut baik oleh para guru, sengaja kami membatasi kegiatan ini untuk 15 orang guru untuk fokusnya kegiatan yang kami laksanakan dan agar tujuan pelakasanaan kegiatan dapat tercapai secara maksimal,” papar Yuherman.

“Kami melakukan bimbingan secara langsung kepada para guru, dan follow upnya, mereka kami minta untuk mengirimkan proposal atau semacamnya yang telah mereka tulis ke email dan kami tindaklanjuti dengan bimbingan melalui media on line,” Tutup Budi Juliardi.

Kepala sekolah SD PT. BTN, Bapak Abdul Hamid, S.Pd., menyatakan bahwa mereka sangat terkesan dengan kedatangan tim dosen Pengabdian pada Masyarakat dari STKIP PGRI Sumatera Barat dan berharap agar kegiatan ini dapat dilakukan secara kontinyu, agar keterampilan guru dalam menulis PTK semakin baik, rurupnya. (***)

LEAVE A REPLY