Beranda BERITA TERBARU Instruksi Korem 032 Wira Braja, Kodim 0319 Mentawai untuk Membantu Badan Penanggulangan...

Instruksi Korem 032 Wira Braja, Kodim 0319 Mentawai untuk Membantu Badan Penanggulangan Bencana (BPBD)

294
0
BERBAGI

Kep Mentawai.maklumatnews.net-Sesuai Instruksi Korem 032 Wira Braja, Kodim 0319 Mentawai untuk membantu Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Mentawai dalam menanam sebanyak Sejuta Pohon cemara di pesisir pantai di kabupaten kepulaun Mentawai. Salah satunya di Dusun Mapaddegat, Desa Tuapejat, kecamatan Sipora utara.

Hal itu dikatakan Dandim 0319 Mentawai Letkol Czi Didid Yusnadi kepada Wartawan di Pantai Mapaddegat. Pukul 08.45 Wib. Sabtu, (30/03) bahwa penanaman Pohon cemara sebagai langkah pencegahan Dampak bencana di kepulauan Mentawai. “Penanaman Pohon ini kita lakukan sebagai upaya pencegah dampak dari bencana, karena kita tidak tahu kapan bencana itu datang,” ungkap Letkol. Didid Yusnadi.

Selanjutnya ia mengatakan, Ada sebanyak seribu batang Pohon jenis cemara udang yang telah terealisasi terbagi di 4 lokasi yaitu kecamatan Siberut utara Pesisir pantai Sikabaluan, kecamatan Siberut selatan pesisir pantai Muara Siberut, Kecamatan Sipora selatan di pesisir Sioban, dan Pagai utara dan selatan di pesisir Sikakap serta di Sipora utara Desa Tuapejat pesisir Mapaddegat.

“Seperti apa yang dikatakan Bapak Doni kepala BNPB ‘Kita menjaga Alam, Alam akan Menjaga kita. Maka untuk di pesisir Pantai Mapaddegat ini kita bersama Instansi, Masyarakat menanam sebanyak 400 batang Pohon cemara jenis udang,” tambahnya.

Melihat Tipelogi Kawasan wilayah Rawan Bencana di Jepang, Ia mengatakan sangat Antusias melihat seluruh kawasan Pesir pantai dijepang yang telah ditanami pohon penghalang. “Kecepatan laju tsunami akan terhalang oleh Pohon-pohon tersebut atau seandainya kecepatannya 80 Km/jam maka akan berkurang oleh Pohon-pohon ini,” papar Dandim 0319 Mentawai.

Pada penanaman Pohon cemara diikuti sebanyak 150-200 orang yang berasal dari seluruh Instansi dan Masyarakat. Dan Kegiatan Penanaman Pohon berlanjut hingga kedepan, tutup Letkol. Widid Yusnadi.

Ditempat yang sama Kepala Desa Tuapeijat mengatakan, Masyarakat menyambut Positif dan sangat Antusia dalam penanaman Pohon cemara udang di dusun Mapaddegat. “Dengan adanya ini kita sangat berterima kasih kepada Kodim 0319 Mentawai karena dengan ini juga dapat mencegah dampak dari Abrasi Pantai,” ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk menjaga Pohon cemara tetap tumbuh dengan baik maka ia mengajak Masyarakat untuk selalu bersama menjaga Pohon tersebut. “perlunya keterlibatan masyarakat untuk bersama menjaga Pohon cemara itu karena ini adalah lingkungan mereka atau kita. Jadi, wajib masyrakat untuk menjaga Pohon ini,” terangnya.

Seterusnya ia menyampaikan kepada Tokoh Agama dan tokoh Masyarakat untuk mengingatkan kepada Masyarakat apabila bermain di pantai saling memelihara dan menjaga Pohon cemara. Pasalnya, Ini adalah kebutuhan dan keselamatan Masyarakat di wilayah tersebut(ysf)

LEAVE A REPLY