Beranda BERITA TERBARU KPU: Perbandingan Data Turunan DP4 di Lapangan

KPU: Perbandingan Data Turunan DP4 di Lapangan

344
0
BERBAGI

Mentawai-maklumatnews.net-Menurut pantauan yang dilakukan sebagian besar data pemilih di wilayah Desa Tuapeijat tidak ditemukan, bahkan lebih banyak Data yang tidak ditemukan dibandingkan dengan data warga ada di wilayah setempat. Sementara dari data awal yang ditemukan banyak masyarakat yang tidak dikenal oleh Dusunnya sendiri, karena tidak tinggal di wilayah setempat.

Menanggapi hal tersebut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mentawai Eki Butman mengatakan penambahan data pemilih di wilayah dilakukan berdasarkan data turunan dari Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan menyandingkannya dengan data pemilih yang ada di lapangan.

“Ini kan sistem kebijakan dari pusat yaitu turunan data dari Kemendagri lalu kita sandingkan dengan data yang ada di lapangan, namun sementara yang ditemukan banyak Pemilih tidak ditemukan itu hanya di wilayah Desa Tuapeijat, di desa lain seperti Desa Sido Makmur, Desa Sipora Jaya dan Desa Bukit Pamewa data pemilihnya masih sesuai dengan DPT, hanya ada beberapa pemilih ganda dan meninggal dunia, jumlahnya 4 sampai 6 persen,” sebutnya kepada Wartawan. Selasa, (16/04) di saat mengunjungi persiapan TPS.

Sementara itu bagi masyarakat yang belum mendapatkan model C.6 (Surat Pemberitahuan Pemungutan Suara Kepada Pemilih) masih dapat melakukan pemilihan dengan cara membawa KTP elektronik atau Membawa surat keterangan dari dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dengan syarat memilih di domisili sesuai KTP dan masuk dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK).(ysf)

LEAVE A REPLY