Beranda BERITA TERBARU Merdeka! Karang Taruna Ayo Bangkit

Merdeka! Karang Taruna Ayo Bangkit

140
0
BERBAGI

Oleh : Ade Vianora

Ketua Karang Taruna Kota Payakumbuh

Payakumbuh -maklumatnews.net- Sejarah telah mencatat bahwa Pemuda selalu menjadi motor penggerak dan menjadi penentu perjalanan bangsa. Dalam perjuangan kebangkitan nasional 1908, Sumpah pemuda 1928, Proklamasi kemerdekaan RI 1945, Orde 1966 dan lahirnya Reformasi 1998 semuanya atas perjuangan Pemuda.

Pemudalah yang memerdekan bangsa ini, makna kemerdekaan hari ini tidak lagi terbebas dari musuh yang bersenjata tetapi bagaimana pemuda mampu mengatasi masalah kemiskinan, menghilangkan kelaparan dan meningkatkan Pendidikan.

Kesenjangan yang terjadi dalam masyarakat, sikap individual dan egoisme yang mementingkan kepentingan pribadi dan kelompoknya menjadi tugas berat pemuda hari ini.

Bahaya Narkoba sudah menjadi darurat nasional, maraknya pelaku LGBT yang pada ujungnya menambah korban HIV/AIDS adalah salah bentuk penjajahan gaya baru.

Berdasarkan Permensos No 23 tahun 2013 tentang Pemberdayaan Karang Taruna dalam salah satu tugas pokoknya adalah ikut membantu Pemerintah dalam mengatasi persoalan sosial.

Karang Taruna sebagai salah satu Organisasi Sosial Kepemudaan yang ada dari tingkat RT sampai pusat harus bisa menjadi solusi dari harapan kemerdekaan yang sesungguhnya. Melalui Kegiatan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) apakah itu sektor Pertanian, Peternakan, Perikanan, Jasa dan Pariwisata menjadikan warga karang taruna memiliki penghasilan, mengurangi pengangguran dan menekan angka kemiskinan.

Melalui kegiatan olah raga dan kesenian apakah olahraga bola kaki, volly, badminton dan lain sebagainya menjadikan pemuda itu sehat sehingga jarang ada pemuda yang sehat mau terlibat dalam penyakit masyarakat atau Narkoba.

Melalui momentum Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 ini kita himbau seluruh Pemuda dan kader Karang Taruna di seluruh Kelurahan di Kota Payakumbuh untuk bangkit.

Tanami lahan-lahan kosong, semaikan bibit-bibit ikan di kolam yang tidak terpakai, bentuk kelompok-kelompok jasa dan sisihkan sedikit dari penghasilan tersebut untuk berbagi kepada saudara-saudara kita yang kurang mampu, yang masih hidup dalam kemiskinan.

Kemerdekaan adalah disaat kita bisa melihat canda dan tawa dari saudara-saudara kita, disaat mereka bisa menatap dengan senyum dan harapan bahwa esok hari dunia masih milik kita. (*)

LEAVE A REPLY