Beranda BERITA TERBARU Pemko Payakumbuh Siagakan Layanan Kesehatan Antisipasi Covid-19

Pemko Payakumbuh Siagakan Layanan Kesehatan Antisipasi Covid-19

110
0
BERBAGI

Payakumbuh -maklumatnews.net- Masalah Virus Corona (Covid-19) sudah disampaikan Presiden Republik Indonesia sebagai bencana nasional. Untuk itu, Wali Kota Riza Falepi meminta pelayanan kesehatan di Kota Payakumbuh lebih ditingkatkan.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Rida Ananda dalam rapat koordinasi jajaran pemko, di Aula Randang di Balaikota Payakumbuh, Senin (16/3).

Sekda menyebut, Wali Kota meminta jajaran Dinkes mulai dari level puskesmas dan rumah sakit menyediakan obat-obatan yang diperlukan oleh masyarakat serta membekali petugas kesehatan dengan alat perlindungan diri untuk bersiap kapan saja.

“Dalam hal ini, masalah kesehatan yang menjadi isu nasional ini sangat ditekankan oleh Wali Kota Riza Falepi. Rumah sakit kita sudah harus siap dengan kamar isolasi,” kata Sekda Rida Ananda.

Hal ini dikarenakan Wali Kota tidak ingin penanganan dan antisipasi Covid-19 menjadi terlambat, apalagi kalau nanti ruangan di RSUP M. Djamil Padang atau RSUD Achmad Mochtar Bukittinggi penuh.

“Rumah Sakit kita yang ada di Payakumbuh juga sudah siap, kita tidak main-main dengan masalah corona ini,” kata Sekda mantap.

Kepala RSUD Adnaan WD dr. Efrinaldi saat ini tengah menyiapkan gedung khusus ruang isolasi penanganan Corona, dan menetapkan jam besuk juga ditiadakan dirumah sakit.

“Masker untuk pasien sedang dipesan dan masker petugas dibuatkan khusus,” ungkap dr. Efrinaldi.

Sekda juga memerintahkan seluruh pimpinan OPD mengawasi kebersihan kantor, menyemprot setiap hari dengan cairan disinfektan, kapan perlu dua kali sehari.

“Dinas harus menyiapkan tempat cuci tangan maupun cairan pencuci tangan, minimal dibawa dari rumah oleh pegawai,” kata Sekda. (Rel/FS)

LEAVE A REPLY