Beranda BERITA TERBARU Pengawasan Partisipasif Pemilu 2019

Pengawasan Partisipasif Pemilu 2019

48
0
BERBAGI

Kep.Mentawai-maklumatnews.net-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengelar Sosilaisasi Peran Aktif Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan tokoh masyarakat pada Pemilihan Umum 17 April 2019 mendatang.
Pada sosialisasi tersebut, Bawaslu Mentawai memberikan materi peranan partisipatif peserta dalam mencegah pelanggaran, melaporkan, memberikan informasi, dan mengawasi serta ikut memantau.

Hal itu diungkap Ketua Bawaslu Mentawai, Perius Sabaggalet bahwa dalam Sosialisasi ini pihak Bawaslu sengaja mengundang LSM dan Tokoh masyarakat guna berpartisipasi dalam membantu Bawaslu melakukan Pengawasan Pemilu.

“Kami mengundang bapak ibu adik-adik mahasiswa berpatisipasi dalam pengawasan Pemilu. Dan Pemilu ini berjalan baik melalui partisipasi kita bersama.” ungkap Peri.

Adapun sosialisasi ini disebutkan, agar tercapainya pemilu Adil, bersih, dan transparan kepada kalangan luas. Lebih lanjut, Pemilu tanpa pengawasan Partisipatif LSM dan tokoh masyarakat akan berdampak tidak baik ditengah masyarakat.

“Pemilu tanpa pengawasan partisipatif akan berdampak pada terjadinya manipulasi suara, hilangnya hak pilih, Politik uang, pemilu tidak sesui aturan, terjadinya pemungutan suara ulang dan konflik antar pendukung calon.” tambah Perius.

Bentuk pengawasan partisipatif kata Perius ialah, tidak berpihak yang menguntungkan dan merugikan peserta. Tidak menggangu penyelenggaraan tahapan pemilu, bertujuan tingkatkan partisipasi politik masyarakat luas, mendorong terwujudnya suasana yang kondusif bagi penyelenggara pemilu.

Maka pada itu ia berharap, kepada peserta sosialisasi agar dapat menyebarkan Informasi dalam pengawasan partisipatif di tengah masyarakat, dalam melakukan pencegahan dan memantau untuk berperan aktif melakukan pengawasan.

“Kepada adek mahasiswa, bahwa mereka adalah tokoh-tokoh muda yang bisa mensosilialisasikan informasi pada sosilisasi pengawasan partisipatif ini di tengah-tengah masyarakat. Begitu juga kepada Tokoh-tokoh Masyarakat.” Tutupnya.(yusuf)

LEAVE A REPLY