Beranda BERITA TERBARU Resmi Digelar, 79 Kuda Bersaing Di Alek Anak Nagari Pacu Kudo Payakumbuh

Resmi Digelar, 79 Kuda Bersaing Di Alek Anak Nagari Pacu Kudo Payakumbuh

59
0
BERBAGI

Payakumbuh -maklumatnews.net- “Alek Anak Nagari Pacu Kudo Payakumbuh” akhirnya resmi digelar. Ribuan warga Payakumbuh dan sekitar memadati Galanggang Kubu Gadang pada Minggu (24/02). Mereka rela berpanas ria demi melihat puluhan ekor kuda pacu berpacu dilintasan.

Iven tahunan yang diselenggarakan Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Kota Payakumbuh ini dibuka secara resmi oleh Walikota Payakumbuh diwakili Pj. Sekda Amriul Dt. Karayiang. Turut hadir, Ketua DPRD, YB. Dt. Parmato Alam beserta unsur Forkopimda dan sejumlah pimpinan perangkat daerah.

Dalam laporan, panitia penyelenggara mengatakan bahwa Pacu Kuda Tradisional dan Open Race di Gelanggang Kubu Gadang tersebut akan berlangsung selama dua hari. Sementara peserta terdiri dari kuda-kuda terbaik yang berasal dari berbagai daerah di Sumbar, Sumut dan Riau.

“Pacuan kali ini diikuti sebanyak 79 ekor kuda dengan memperlombakan 14 kelompok pacuan yang akan dilaksanakan sebanyak 25 race. Hari ini, Minggu 12 race dan besok, Senin 13 race.” Kata Sekretaris Pelaksana Kegiatan Wal Asri dalam laporannya.

Lebih lanjut Wal Asri menjelaskan, kegiatan pacu kuda kota Payakumbuh 2019 terselenggara berkat dukungan dan kerjasama banyak elemen baik dari jajaran pemerintah kota dan juga pihak sponsor.

“Mewakili panitia, kami sampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini, khususnya kepada Pemko Payakumbuh dan para sponsor, baik sponsor utama maupun sponsor pendukung,” ujar Wal Asri.

Sementara, Ketua DPRD, YB. Dt. Parmato Alam dalam sambutan mendukung penuh kegiatan tersebut. Dirinya berharap iven olahraga berkuda itu berdampak positif bagi ekonomi masyarakat banyak.

“Kami dari legislatif mendukung sekali kegiatan ini. Karena potensi dari kegiatan ini adalah usaha kita bersama untuk meningkatkan ekonomi, pariwisata sekaligus melestarikan budaya kita,” ujarnya.

Senada, Walikota Payakumbuh melalui Pj. Sekda dalam sambutan jelang membuka acara mengucapkan selamat atas terselenggaranya iven pacu kuda tersebut. Pihaknya mendukung penuh kesuksesan acara. Hal itu dibuktikan dengan sokongan pendanaan Pemko untuk iven tahunan tersebut.

“Kita pasti mendukung penuh alek nagari ini. Kita berharap iven ini akan banyak mendatangkan wisatawan, meningkatkan ekonomian warga sekaligus menjadi ajang promosi pariwisata bagi kota Payakumbuh, selamat menikmati,” ujar Amriul. (Rel/FS)

LEAVE A REPLY