Beranda BERITA TERBARU Selama Setahun Warga Sao Gelap-gelapan Akibat PLTS Tak Berfungsi Mentawai

Selama Setahun Warga Sao Gelap-gelapan Akibat PLTS Tak Berfungsi Mentawai

376
0
BERBAGI

Kep Mentawai-maklumatnews.net-Titin (55) Warga Dusun Sao, Desa Bosua, kecamatan Sipora selatan mengatakan, bahwa rumah tempat tinggalnya telah satu tahun tidak ada penerangan lampu. Adapun penerangan saat ini dari lampu jalan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

“Telah satu tahun kampung kami gelap-gelapan, adapun penerangan hanya berupa Genset bagi yang memiliki. Kalau kami memakai lampu seperti lampu Damar,” ungkap Titin kepada wartawan. Sabtu, (05/04).

Kepala Dusun Sao Laurensius membenarkan hal tersebut, PLTS bantuan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mentawai pada tahun 2017 itu tidak aktif lagi. “Penerangan lampu PLTS kita rasakan selama 6 bulan. Setelah ada masalah lampu tidak dapat di fungsikan lagi,” tuturnya.

Ia menambahkan, Rusaknya PLTS disebabkan ada Seorang Warga di Dusunnya yang mencoba mengambil arus secara diam-diam. Namun setelah ditelusuri Warga tersebut telah mengakui kesalahannya. Dan pihak Dusun telah memberi Sanksi berupa ganti rugi.

Selanjutnya, pihak Pengurus sudah mencoba memperbaiki hal hasil tidak sesui rencana. “Kami sudah mencoba memperbaiki, Tapi karena keterbatasan kemampuan dan peralatan lampu belum dapat difungsikan, “terangnya.

Lauren berharap kepada Pemerintah kabupaten kepulauan Mentawai khususnya BPBD agar membantu untuk mendatangi Teknisi guna memperbaiki masalah penerangan yang dirasakan Warga. Sementara ada sebanyak 67 Kepala Keluarga (KK) tinggal di Dusun Sao.(ysf)

LEAVE A REPLY