Beranda BERITA TERBARU Sosialisasi Terpusat Secara Virtual Pembentukan Komcad Di Koramil 01/Pyk

Sosialisasi Terpusat Secara Virtual Pembentukan Komcad Di Koramil 01/Pyk

114
0
BERBAGI

Payakumbuh -maklumatnews.net- Sosialisasi terpusat secara virtual pembentukan komponen cadangan (Komcad) mitra darat tahun 2020 digelar di Aula Koramil 01/Pyk, Senin (10/8).

Dalam kegiatan itu, hadir Kolonel Inf. Ahmad Samsyudin (Ketua Tim Sesko TNI) sebagai pembicara, Kolonel Czi. Heriyana (Dosen Seskoad), Danramil 01/Pyk Mayor Inf. T. Barus, Ketua FKKPI Kota Payakumbuh Indra Sofyan bersama anggotanya 8 orang, Ketua FKKPI Kabupaten Limapuluh Kota Beni Johor bersama anggotanya 10 orang, Ketua Hipakad Kota Payakumbuh, Upit Tarno bersama anggotanya 12 orang, Ketua Hipakad Kabupaten Limapuluh Kota Siti Nurben bersama anggotanya 4 orang.

Dalam paparannya, Kolonel Ahmad Syamsudin menyampaikan untuk menghadapi perkembangan ancaman yang makin beragam, Indonesia perlu menata kembali kekuatannya. Dalam konteks pertahanan negara, permasalahan ini tidak cukup ditangani hanya dari aspek kekuatan utama Militer saja.

“Untuk membangun ketahanan Nasional setidaknya ada 3 (tiga) pilar yang harus saling terkait yaitu Pemerintahan, Rakyat, dan Militer, ketiganya dijalin dalam simpul untuk memperkuat sebuah Negara. Pemerintah dengan rakyat diikat dengan simpul ideology. Ideologi adalah sebuah harapan yang dibangun bersama secara sadar,” ucapnya.

Dengan memberikan kemampuan melalui pendidikan dan latihan agar dapat melaksanakan tugas pertahanan Negara atau yang disebut Bela Negara. Mengintegrasikan kekuatan pengganda yang berasal dari komponen cadangan dan komponen pendukung ke dalam organisasi kekuatan pertahanan Negara.

“Untuk itu keberadaan Komando Daerah Militer sebagai bagian dari kekuatan TNI AD yang berperan dalam menyelenggarakan tugas dan fungsi Kemhan, terutama dalam menyiapkan komponen cadangan di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya,” pungkasnya. (FS)

LEAVE A REPLY