Beranda BERITA TERBARU TIM PPM STKIP PGRI SUMBAR MEMBERIKAN PELATIHAN MITIGASI BENCANA DI MENTAWAI

TIM PPM STKIP PGRI SUMBAR MEMBERIKAN PELATIHAN MITIGASI BENCANA DI MENTAWAI

42
0
BERBAGI

Mentawai-maklumatnews.net-Tim Pengabdian pada Masyarakat (PPM) dari STKIP PGRI Sumatera Barat kembali melakukan penyuluhan dan pendampingan kepada masyarakat Mentawai. Kali ini tema yang diberikan adalah pelatihan mitigasi bencana dan penanggulangan dampak bencana di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Pelatihan ini digelar di Desa Sigapokna, Kecamatan Siberut Barat, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Kegiatan ini dilakukan selama 1 bulan, yang dimulai dari bulan Maret hingga April 2019. Tim PPM ini antara lain adalah Dr. Yusutria, MA., Yuherman, SP., M.Pd., Asril, M.Pd., Rina Febriana, M.Pd., dan seorang mahasiswa, Ridwan.

Pelatihan yang dilakukan dalam kegiatan PPM ini bertajuk “Pelatihan Menghadapi Bencana Alam bagi Masyarakat Desa Sigapokna Kecamatan Siberut Barat Kabupaten Kepulauan Mentawai” dan ditujukan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam menghadapi bencana yang memang cukup sering menimpa Kabupaten Kepulauan Mentawai, khususnya bencana gempa bumi, yang mencakup kegiatan pencegahan, kesiapsiagaan, pemulihan, rehabilitasi dan rekonstruksi.

Kegiatan yang dilakukan ini mendapat apresiasi khusus dari masyarakat Desa Sigapokna. Bahkan mereka berharap agar kegiatan serupa lebih sering dilaksanakan lagi, mengingat akses menuju Desa Sigapokna yang harus dilalui melalui jalur laut. Dengan demikian, kedatangan tim PPM sangat menggembirakan mereka.

Menurut Yusutria, Ketua Tim PPM, kesiapan secara dini dibutuhkan melalui edukasi yang intensif, sehingga jumlah korban jiwa dapat diminimalisir. Selain itu, materi yang diberikan dalam penyuluhan juga bertujuan untuk semakin memperkokoh kemampuan hidup berdampingan dengan bencana bagi masyarakat Desa Sigapokna.

LEAVE A REPLY