Beranda BERITA TERBARU Unik!! Sosialisasi Pemilu Ala Relawan Demokrasi Berbasis Netizen Kota Payakumbuh Di Kafe...

Unik!! Sosialisasi Pemilu Ala Relawan Demokrasi Berbasis Netizen Kota Payakumbuh Di Kafe Rumah Doi

190
0
BERBAGI

Payakumbuh -maklumatnews.net- Menggandeng Generasi Milenial, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh bersama Relawan Demokrasi menggelar Kopdar Sosialisasi Pemilu Bersama KPU Dan Relasi Basis Netizen di Cafe Rumah Doi, Jum’at (8/3) malam.

Dikatakan Kopdar bersama generasi milenial ini juga melibatkan puluhan Relawan Demokrasi Kota Payakumbuh, dan audiens yang hadir diundang lewat undangan terbuka yang dilayangkan KPU lewat gambar di media sosial.

Uniknya dalam acara ini, Ketua KPU Kota Payakumbuh Haidi Mursal sebagai pemateri memberikan berbagai pertanyaan berhadiah kepada hadirin yang hadir, salahsatu pertanyaan yang dilontarkan adalah berapa jumlah partai politik yang ikut dalam pemilu kali ini, baik nasional maupun di Kota Payakumbuh.

Ada peserta yang menjawab 20, ada yang menjawab menjawab 16, semua jawaban diselingi tawa para hadirin ketika jawaban yang disampaikan oleh salahsatu peserta dianggap keliru.

“4 Partai Aceh atau Lokal dan 15 Partai Nasional, karena Partai PSI tidak ikut serta di Kota Payakumbuh akibat beberapa calegnya dipaksa mundur,” ujar salah satu peserta menyebutkan.

Ketua Pelaksana Hario Zones yang merupakan Admin Akun Instagram @caritominanglucu mengatakan tujuan Kopdar ini digelar adalah untuk memberikan kesegaran kepada generasi milenial di Kota Payakumbuh, karena berbagai isu-isu politik yang semakin hangat menjelang Pemilu pada 17 April 2019, apalagi banyak berita hoax yang menyebabkan kebingungan apakah pemilih milenial ini akan datang ke TPS atau tidak.

“Biasanya sosialisasi pemilu kan terlalu formal, sedangkan kita sebagai penggiat media sosial itu pengennya santai, karena formal itu membosankan, jadi dalam sosialisasi ini kita berikan hiburan musik, stand up, hingga pertanyaan berdoorprize, agar kesannya tidak monoton. Dengan berbasis netizen, kita menjangkau generasi muda alias pemilih pemula,” ujarnya.

Ketua Kpu Haidi Mursal yang didampingi komisioner KPU Kota Payakumbuh mengapresiasi sekaligus berterimakasih kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam sosialisasi kepemiluan, walaupun terkesan sambilan.

“Namun dengan kegiatan ini bisa menambah pemahaman dan pengetahuan tentang kepemiluan, sementara KPU juga berkewajiban memberikan sosialisasi, dengan target yang berbeda. Kita mengarah kepada teknis menuju hari pemilihan, sedangkan dari Relawan Demokrasi (RELASI) menekankan kepada sosialisasi ajakan kepada generasi muda untuk memilih pada april 2019 mendatang,” pungkasnya. (FS)

LEAVE A REPLY