Beranda BERITA TERBARU Metode Skimming Bisa Diunkap Dengan Cara..

Metode Skimming Bisa Diunkap Dengan Cara..

402
0
BERBAGI
JAKARTA-maklumatnews.net-Hingga saat ini kepolisian masih terus memburu dan mengungkap kasus kejahatan ini. Sebab, diduga pelaku lainnya masih berkeliaran.
Karena itu, nasabah harus waspada dan berhati-hati ketika bertransaksi di ATM agar tidak menjadi korban kejahatan skimming. Apa saja yang harus dilakukan agar tidak menjadi korban?
Polda Metro Jaya memberikan beberapa tips agar terhindar dari kejahatan skimming, berikut tipsnya:
1. Menutup tombol pin ATM.
2. Melaporkan ke polisi jika menemukan beberapa alat yang tidak biasa di ATM.
3. Memperhatikan sekitar. Beritahu petugas keamanan apabila ada orang di dalam ATM dalam waktu sangat lama. Nasabah biasanya hanya memerlukan waktu kurang dari 5 menit untuk transaksi noncash di dalam ATM.
“Kalau tidak ngambil uang cash, tidak sampai 5 menit kira-kira, parameternya itu. Kalau orang lebih dari 2-3 menit dari ATM perlu didatangi,” kata Kombes Nico.
4. Melapor ke petugas keamanan jika merasa terganggu seperti tidak mulus saat memasukkan kartu ATM.
5. Hindari ATM yang berada di tempat sepi dan tidak ada petugas keamanan yang berjaga.
Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Nico Afinta mengungkapkan, biasanya mesin ATM yang jadi sasaran pelaku skimming ini berada di lokasi yang sepi. Seperti diketahui, mesin ATM tidak selalu berada di lokasi keramaian seperti di pusat perbelanjaan ataupun di pinggir jalan.
“Lalu yang kedua, misalkan dari satu tempat itu satpam atau petugas keamanannya hanya satu orang,” kata Nico di Polda Metro Jaya.
6. Tidak memberikan data pribadi atau kode One Time Password (OTP) Bank kepada orang lain.
“Kalau ada OTP dan tidak melakukan transaksi, tolong diabaikan. Itu yang paling penting. Karena OTP itu ibaratnya pagar untuk tidak membolehkan traksaksi itu berjalan,” kata Pengawas dari Bank Indonesia, Eva.
Dia juga mengingatkan perlunya menutup dengan tangan saat transaksi di ATM. Eva juga mengimbau masyarakat untuk semakin waspada dan menjaga lingkungan sendiri, salah satunya ketika melihat orang mencurigakan di lokasi ATM.
“Ayo kita saling aware, kadang-kadang juga saya melihat banyak orang tidak peduli, jadi mari kita sama-sama untuk menjaga karena kemungkinan juga kita yang kena,” ujar Eva.(**)
Liputan 6

LEAVE A REPLY