Beranda BERITA UTAMA 39.25% Status Nikah Di Tanah Datar Tidak Tercatat

39.25% Status Nikah Di Tanah Datar Tidak Tercatat

441
0
BERBAGI

 

Tanah Datar, Maklumat News

“Miris”, demikian terlihat dari kondisi status perkawinan di kabupaten Tanah Datar dengan jumlah 66.409 dari 169.185 (39.25) tidak tercatat menurut data dinas Dukcapil.¬†

Kondisi itu disampaikan Samsuar, Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dinas Dukcapil kabupaten Tanah Datar ketika bincang-bincang diruang kerjanya, Jum’at lalu.

Ditambahkan Samsuar, “Besarnya angka perkawinan tidak tercatat ini diakibatkan beberapa faktor seperti Nikah Siri, Cerai hidup tidak dilaporkan serta kurangnya pengetahuan masyarakat tentang pernikahan”.¬†

Mengurai kondisi demikian, dinas Dukcapil telah membentuk tim Validasi dan diteruskan di nagari lewat tim kecil beranggotakan dari Disdukcapil, perangkat nagari termasuk walijorong, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat dalam mendata status perkawinan.

Setelah data didapat tim Validasi me Entry data untuk didapatkan data bersih yang akan dilanjutkan dengan kesepakatan kerjasama (MOU) Disdukcapil dengan Kemenag  sehingga kedepan setiap perkawinan datanya akan langsung terintegrasi ke Disdukcapil.

Kadis Dukcapil Armen Yudi ketika ditanyakan terkait data tersebut benarkan dan ungkapkan bahwa masalah data merupakan permasalahan yang kompleksitas karena terkait banyak hal baik penyebab dan akibat yang ditimbulkan.

“Permasalahan data ini ibarat Kanker yang sudah menyebar, tentu yang kita lakukan adalah memutus penyebarannya dulu atau diatasi secara bertahap, contohnya bagi masyarakat tinggal jauh di pelosok tentu akan malas mengurus apapun ke sini, atasi itu kita siapkan pelayanan secara Online”.

“Masyarakat bisa mengakses website kita ata via WA, jika tidak juga bisa, warga cukup sampai kantor walinagari saja dan perangkat nagari akan siap untuk membantu sehingga kedepannya pusat dari permasalahan itu dapat kita atasi,” pungkas Armen Yudi. (pinos)

 

LEAVE A REPLY