Beranda Uncategorized WINDRIP PAINAN- KAMBANG JALAN LINTAS SUMATERA SANGAT DIBUTUHKAN MASYARAKAT

WINDRIP PAINAN- KAMBANG JALAN LINTAS SUMATERA SANGAT DIBUTUHKAN MASYARAKAT

843
0
BERBAGI

PESSEL-maklumatnews.net–Perubahan- demi perubahan terus berjalan, seiring waktu. sejalan dengan perkembangan alam, maka perubahan demi perubahan akan harus dilaksanakan. Contohnya salah satu perkembangan Jalan Raya Lintas Sumatera adalah sebuah jalan raya yang membentang dari Utara sampai Selatan Pulau Sumatera. Berawal dari Banda Aceh sampai ke Pelabuhan Bakauheni Provinsi Lampungini perlu perubahan.

Setiap harinya Volume lalu-lalang kendaraan pada Ruas jalan ini tergolong padat, karena merupakan jalur penghubung antara Prov.Sumbar – Prov.Bengkulu.

Kegiatan Pelaksanaan kegiatan Windrip (Westan Indonesia National Project) di ruas Jalan Nasional Kambang Painan yang berada di wilayah Pemerintahan Kab. Pesisir Selatan Prov.Sumatera Barat saat ini dalam proses pelakanaan.

Kegiatan yang berada dalam lingkup kerja Kementerian Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Bina Marga BPJN III Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional Wilayah II Sumbar tersebut sejauh ini berjalan dengan baik.

Pantauan media maklumatnews.net di lapangan (27/4), kolaborasi kerja PT.Yasa Patria Perkasa Jo PT.Combloc Inftratekno selaku kontraktor pelaksana kegiatan Windrip ruas Jalan Kambang Painan Kab.Pesisir Selatan ini patut di beri acungan jempol.

Karena selain dari sisi Teknis pengerjaan yang terarah dan terukur, ada juga sisi lain yang sangat indah untuk di simak, Selama dua hari tim Netralnews.net menyisir lapangan telah menemukan fakta “sistim kerja kontraktor pelaksana yang menggandeng masyarakat setempat sebagai pekerja dan melibatkan para ahli teknik lokal dalam pelaksanaan kegiatan tersebut telah mendatangkan berkah tersendiri bagi masyarakat setempat, karena telah menggerakkan perekonomian mereka”

Dari sisi teknis kegiatan perkerjaan Windrip Kambang Painan meliputi beberapa aitem kegiatan di antaranya “Perkerjaan Hotmix, perkerjaan pemasangan batu dengan mortar, pemeliharaan badan jalan, pemeliharaan jembatan, pemeliharaan saluran, pemeliharaan bahu jalan, perkerjaan pemasangan batu, perkerjaan rock excavation, perkerjaan aggregate A, kegiatan penutupan lubang, dan kegiatan penyiraman jalan/reduksi debu.

Di dapati oleh media ini saat di lapangan,  Beberapa perkerja tiap kelompok  tersebar  di beberapa titik yang berbeda-berbeda tengah sibuk dengan kegiatannya, seperti kelompok pemasangan batu, kelompok pecing aspal, kelompok drainase dan lainnya, dengan menggunakan seperangkat kostum dan pelindung kerja yang sesuai standar Undang-Undang.

Yudiansyah salah seorang bagian teknis saat di temui dilapangan menjelaskan “secara geografis Kab.Pessel memiliki daerah berbukit dan lembah, tentu saja akan ada ruas-ruas jalan yang di klaim sebagai titik rawan longsor, dan untuk mengatasi hal-hal tersebut inilah salah satu aitem utama yang ada dalam Windrip wilayah Kambang Painan ini, ungkapnya.

Sementara itu secara terpisah Ridwan H , seorang pengusaha angkutan darat saat di temui dikantornya (30/4) menjelaskan “ruas jalan Pesisir Selatan merupakan salah satu titik Ruas Jalan Lintas Sumatra, sudah pasti jalur ini akan banyak dilalui oleh kendaraan bermuatan tinggi, untuk menjaga kestabilan dan kualitas jalan ini tentu di butuhkan sistim pemeliharaan khusus, Windrip (Westan Indonesia National) sistem ini dapat di pastikan suatu langkah efisien yang diambil pemerintah dalam pemeliharaan jalan, ungkapnya.

Lebih lanjut Ridwan menambahkan “akan tetapi.. Peningkatan rekonstruksi jalan di wilayah ini juga sangat di butuhkan, seperti kita ketahui sebagai jalan lintas sumatera,  lebar ruas Jalan  Padang – Munkomungko yang melintasi jalan sepanjang Kab.Pessel belum semuanya berstandar Nasional, jika di jumlahkan sangat panjang ruas titik jalan yang menyempit, tegasnya.

Segenab masyarakat Sumbar tentu berharap sejengkal demi sejengkal lebar ruas jalur Barat ini dapat di tambah. Hal ini telah menjadi perhatian khusus Direktorat Jenderal Bina Marga BPJN Wilayah III – Satker PJN Wilayah II Sumbar, yang di pimpin oleh Abdul Halim.ST.MT ini, di buktikan dengan telah di bebaskannya beberapa kilometer lahan masyarakat untuk pelebaran badan jalan pada tahun 2016 lalu.

Keberhasilan kegiatan Windrip ini tentu tak lepas dari peran aktif  yang idialis dari pihak pengawas, dan juga etos kerja yang baik serta transparansi pihak pelaksa kegiatan itu sendiri, ini ibarat dua kutub magnet yang berbeda yang saling tarik menarik kearah yang relevan dan baik, walaupun terkadang terjadi gasekan “ini lah yang menandakan bahwa fungsi dari keduanya tengah berjalan”. (benny)

LEAVE A REPLY