Beranda BERITA TERBARU Ada Caleg Bagi-Bagi Duit Di Payakumbuh, Bawaslu Telah Terima Laporan

Ada Caleg Bagi-Bagi Duit Di Payakumbuh, Bawaslu Telah Terima Laporan

1422
0
BERBAGI

Payakumbuh -maklumatnews.net- Suci Wildanis, Kordiv Pengawasan, Humas dan Hubal Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Payakumbuh mengatakan Bawaslu telah menerima laporan adanya dugaan politik uang (money politik)  yang dilakukan oleh salahsatu Calon Legislatif di Kota Payakumbuh,

“Kemarin hari Rabu ada yang melaporkan kepada bawaslu,” ujar Suci.

“Proses menerima laporan didampingi Sentra Gakumdu yang ada di Bawaslu Kota Payakumbuh. Sampai saat ini, laporan tersebut sudah masuk tahap proses kajian awal. Dalam tahap tersebut kami melihat dulu keterpenuhan syarat formal dan materil, apakah sudah lengkap atau belum,” kata Suci ketika ditemui Media di Kantor Bawaslu Kota Payakumbuh, Kamis (11/4)

Suci menjelaskan untuk data seperti nama yang dilaporkan, nama pelapor, partai, hingga dapilnya tidak boleh di ekspose, diatur dalam Penetapan Pejabat Penngelola Informasi dan Dokumentasi yang diterbitkan oleh Bawaslu dengan Nomor 0014/Bawaslu/H2PI/HM.00/I/2019 tentang infromasi penanganan temuan dan laporan pelanggaran pemilu yang dikecualikan.

Ditambahkan oleh Suci, peran partisipatif masyarakat untuk melaporkan dugaan seperti ini sangat diapresiasi, mengingat pelapor sekarang sudah tidak dikenakan sanksi lagi, sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017.

“Kalau ada uang jadikan barang bukti, ini adalah bentuk masyarakat yang berani melaporkan adanya dugaan pelanggaran Pemilu di Kota Payakumbuh. Sekarang dalam UU Nomor 7 tahun 2017, si penerima tidak diberi sanksi, memberi sanksi kepada Pemberi, kita bersyukur masyarakat cerdas,” ujar Suci.

Ketua bawaslu, Muhammad Khadafi mengatakan Bawaslu Kota Payakumbuh akan memproses seluruh laporan yang masuk terkait dugaan Pelanggaran Pemilu.

“Seluruhnya sesuai dengan aturan, kita bekerja sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku, kepada masyarakat kita himbau juga kalau ada dugaan terjadinya pelanggaran untuk melapor kepada Bawaslu Kota Payakumbuh,” ujarnya. (FS)

LEAVE A REPLY