Beranda DAERAH Akhirnya Mimpi Warga Dusun Lingkuangan Terwujud

Akhirnya Mimpi Warga Dusun Lingkuangan Terwujud

81
0
BERBAGI

 

Tanah Datar, Maklumat News

20 tahun lamanya keinginan dan harapan warga masyarakat dusun Lingkungan jorong Baruh Bukit nagari Andaleh Baruh Bukit kecamatan Sungayang akhirnya terwujud.

Bahkan untuk mewujudkan keinginan tersebut bapak Uman dan keluarga rela mewakafkan sebidang tanahnya dengan niat agar masjid bisa dibangun diatas tanah tersebut.

Segala usaha dilakukan warga sampai akhirnya Tengku Awang H. Ya’kub bin Muhammad Taher yang merupakan kerabat kerajaan Brunai Darussalam datang sebagai donatur yang akan mewujudkan mimpi warga dusun Lingkungan tersebut.

Namun jika Allah sudah berkehendak tidak ada yang mustahil dan setelah ditelusuri, ternyata Tengku Awang H. Ya’kub bin Muhammad Taher nenek moyangnya berasal dari Sungayang dan kerabatnya masih ada sampai hari ini yakni ibu Anis.

Hal itu terungkap ketika Bupati Tanah Datar Eka Putra bersama anggota DPRD Tanah Datar Khairul Abdi, camat Sungayang beserta Forkompimca, niniak mamak, tokoh masyarakat serta Tengku Awang H. Ya’kub bin Muhammad Taher melakukan peletakan batu pertama pembangunan masjid dusun Lingkungan, Sabtu (27/11).

Dijelaskan Anis bahwa. “Tengku Awang H. Ya’kub bin Muhammad Taher adalah cucu dari orang tua Gudam anak Dt. Bandaro Harun yang merupakan cucu dari Suri Maharajo rumah Godang Pasumayan Koto Batu Sungayang,” ujar ibu Anis.

Ibu Anis juga sampaikan, bahwa kehadiran Tengku Awang H. Ya’kub bin Muhammad Taher disini bermaksud merealisasikan pembangunan Masjid di dusun Lingkungan ini nanti setelah selesai, pihak keluarga kerajaan Brunai Darussalam akan menghibahkannya kepada masyarakat setempat.

Hal itu dibenarkan Tengku Awang H. Ya’kub yang hadir bersama putranya Awang Muhammad Nabeelur Rahman bin Awang Haji Ya’kub.”Niat kami menghibahkan anggaran untuk pembangunan masjid ini agar nantinya bisa dimanfaatkan oleh umat islam untuk beribadah dan belajar ilmu agama”.

Sementara Bupati Tanah Datar Eka Putra, dalam sambutannya sampaikan ucapan terimakasih kepada bapak Uman dan seluruh keluarganya yang telah mewakafkan tanahnya sert   dan juga kepada Tengku Awang H. Ya’kub beserta seluruh keluarga sebagai donatur.

“Dulu banyak nenek moyang kita yang merantau sampai ke luar negeri (negeri jiran), salah satu dari keturunan nenek moyang kita itu hari ini pulang kampung dan langsung membangun sebuah masjid disini,” ujar Bupati penuh syukur. (pinos/r)

LEAVE A REPLY