Beranda BERITA TERBARU Aksi Bersih-Bersih Kota Payakumbuh Mahasiswa Kampus II Unand Jelang Pemilu Mendapat Apresiasi...

Aksi Bersih-Bersih Kota Payakumbuh Mahasiswa Kampus II Unand Jelang Pemilu Mendapat Apresiasi Masyarakat

1015
0
BERBAGI

Payakumbuh -maklumatnews.net-   Ratusan Mahasiswa Universitas Andalas (Unand) Kota Payakumbuh menggelar aksi bersih dan jalan sehat untuk menciptakan suasana asri, nyaman, dan nyaman menjelang Pemilu yang akan berlangsung beberapa hari lagi. Kegiatan ini digelar Minggu (14/4).

Mahasiswa Unand mulai bergerak membersihkan lingkungan Kota Payakumbuh dengan rute awal sekitaran Kampus Unand, Gelanggang Pacuan Kuda Kota Payakumbuh, Simpang Benteng, Tugu Adipura, Labuah Basilang, hingga berakhir lagi di Kampus Unand.

Kegiatan yang dimulai sejak pagi sekitaran pukul 07.30 WIB ini diikuti oleh mahasiswa yang terdiri dari HIMA Ilmu Ekonomi, HIMA Managemen, dan HIMA Peternakan Kampus Unand Kota Payakumbuh.

Intan Nurjannah sebagai inisiator mengatakan gerakan hidup sehat tanpa sampah yang digagas mahasiswa Unand mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, termasuk dengan membludaknya mahasiswa yang mau ikut serta dalam kegiatan ini, bahkan Satlantas Polres Kota Payakumbuh juga memberikan pengawalan dalam aksi bersih keliling Kota ini.

“Kami ingin mensukseskan Adipura 2019, menyadarkan masyarakat untuk cita lingkungan, mahasiswa tolak sampah masyarakat, melakukan pengabdian mahasiswa ke masyarakat, dan senangnya saat kegiatan kami didukung juga oleh Polres, bangga sekali,” ujarnya.

Sementera itu Ketua BEM Kampus II Unand Payakumbuh Hayatul Ridho dan Ali Hamdi Siregar mengatakan semangat Mahasiswa dalam menciptakan lingkungan yang bersih, nyaman, dan asri sekaligus menyongsong Pemilu yang sebentar lagi akan digelar membuat Mahasiswa Unand bergerak untuk melaksanakan kegiatan Gerakan Hidup Bersih Tanpa Sampah di Kota Payakumbuh.

“Kita sangat bersemangat melihat teman-teman yang berinisiatif tinggi melaksanakan kegiatan ini, disisi lain peran mahasiswa sebagai pembawa perubahan bisa kami tampilkan disana,” ujarnya.

Mahasiswa Kampus II Unand Payakumbuh juga menemui Dinas Kesehatan dan Lingkungan Hidup, mendapatkan apresiasi besar akan aksi mahasiswa ini. Pemko Payakumbuh meminta aksi ini menjadi aksi berkelanjutan dengan dinas-dinas yang bergawe di bidang tersebut untuk kedepannya saling menggandeng.

Sementara itu masyarakat Kota Payakumbuh sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa Unand. Tanggapan masyarakat dan dinas juga banyak yg mendukung. Disaat semua sibuk dan berpecah belah karna politik mahasiswa hadir dengan nuansa baru. Karena selama ini masyarakat Payakumbuh hanya menyerahkan kebersihan kota dan sampah ke petugas kebersihan saja padahal kebersihan tidak hanya jadi tanggung jawab petugas kebersihan, masyarakat juga bertanggung jawab itu semua, terutama dalam mengurangi konsumsi sampah plastik.

“Kalau bisa rute aksi lebih diperluas lagi terutama di daerah Ngalau. Karna ngalau selain ada objek wisata, di daerah tersebut kebersihan sekitarnya kurang diperhatikan. Orasi” dan sosialisasi yang diberikan mahasiswa sangat dibutuhkan juga agar masyarakat sadar akan lingkungannya,” ujar salah seorang warga bangga. (FS)

LEAVE A REPLY