Beranda BERITA TERBARU Anti Hoax Dan Anti Golput, KPU Payakumbuh Didik Ratusan Warga

Anti Hoax Dan Anti Golput, KPU Payakumbuh Didik Ratusan Warga

680
0
BERBAGI

Payakumbuh -maklumatnews.net- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh menggelar Sosialisasi Kesebelas Basis Pemilih Pemilu, bertemakan “Jadilah Pemilih Cerdas, Anti Hoax dan Anti Golput” di Aula Pertemuan Bakinco Resto selama 2 hari, Kamis dan Jum’at, 4 hingga 5 April 2019.

Sosialisasi ini dihadiri oleh ratusan orang peserta yang yang diundang oleh 10 basis, seperti pemula, warga net, pemuda, agama, kebutuhan khusus, disabilitas, keluarga, perempuan, marjinal, dan komunitas. Masing-masing basis menghadirkan masyarakatnya untuk diberikan penguatan.

Sosialisasi yang dibuka oleh Ketua KPU Kota Payakumbuh Haidi Mursal diwakili oleh Komisioner KPU Nina Trisna ini memfokuskan kepada pendidikan pemilih, dimana setiap peserta yang hadir diberikan pemahaman lengkap seputar prosedur memilih dan mengajak pemilih untuk anti hoax dan tidak golput.

“Kita dari KPU berusaha menjadi lembaga yang independen dan bekerja sesuai dengan tupoksi yang telah ditentukan dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017, melalui sosialisasi pemilu kepada sebelas basis ini, kita harapkan transfer knowledge seputar kepemiluan dapat dilaksanakan,” ujarnya.

Nina berharap partisipasi masyarakat khususnya pemilih dalam pemilu kali ini meningkat, pemilih ditargetkan secara nasional 77.5%, KPU Kota Payakumbuh ingin target itu bisa tercapai bahkan bisa melampaui batas yang ditargetkan, partisipasi bukan hanya junlah pemilih namun kualitas pemilihan.

“Kami akan berikan terus sosialisasi kepada masyarakat, dan berharap masyarakat seluruhnya dapat ke TPS dan memilih sesuai dengan kualitas, sehingga yang dicoblos betul-betul pilihan yang sudah dicermati visi-misi dan programnya. Bersama Relawan demokrasi, mudah-mudahan partisipasi masyarakat untuk ke TPS meningkat pada 17 April 2019 nanti,” harapnya.

Sementara itu, basis warganet Harios Zones, admin dari akun instagram @caritominanglucu mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat, apalagi di detik-detik terakhir menuju hari H, kabar hoax sedang berada di puncak-puncaknya.

“Dengan memberikan sosialisasi, dalam masyarakat yang berbeda profesi, disitu kita bisa melihat bahwa hak memilih itu untuk semua masyarakat tanpa terkecuali, intinya bukan semua masyarakat tertentu saja yang memiliki hak pilih, kita semua sama rata,” ujar Harios yang juga merupakan Relawan Demokrasi Kota Payakumbuh.

Salahsatu peserta yang hadir Ade Suhendra, founder akun instagram hits dengan follower 81.000 @sudutpayakumbuh mengatakan sosialisasi ini bagus sekali, memberikan informasi yang lebih segmented, menyasar berbagai kalangan dengan materi yang gurih dan mudah dipahami.

Salahsatu terobosan yang mantap oleh KPU, ada relawan demokrasi, harapan kita jangan hanya sampai disini saja, tetap berlanjut hendaknya kegiatan KPU yang lain, karena setelah Pileg ini nanti akan ada Pilgub dan Pilkada kedepannya, selalu manfaatkan relasi dengan kegiatan hebat seperti ini,” ujar Ade. (FS)

LEAVE A REPLY