Beranda BERITA TERBARU ASB Berikan Penguatan Kapasitas PRB di Mentawai

ASB Berikan Penguatan Kapasitas PRB di Mentawai

520
0
BERBAGI

Kep.Mentawai-maklumatnews.net-Dalam rangka Penguatan Kapasitas Pengurangan Resiko Bencana dan Ketangguhan Masyarakat Pesisir di Sumatera Barat. Arbeiter Samariter Bund (ASB) organisasi kemanusiaan dari Jerman yang bekerja di Indonesia. Khususnya, di Pesisir Sumatera Barat salah satunya kabupaten kepulauan Mentawai yang beralamat di Jl. Raya Km-06, Desa Sido Makmur, Sipora utara.

Salah Satu Indikator Program Desa Tangguh Bencana dengan menyusun Forum Pengurangan Resiko Bencana (PRB) tentang SK Kepala Desa dan Tim Penanggulangan Bencana (PB). Maka pada pelatihan Peserta mampu memahami Teknis penyusunan anggaran untuk PRB tersebut.

Project Manejer Sumatera Barat Ropikul Hidayat mengatakan, masih banyak Program Desa yang belum memiliki Program Legislasi. Maka melalui Peraturan Desa dalam Penanggulangan Bencana.

Ditambahkanya lagi,”Diperkirakan Rancangan selesai selama 2 bulan kemudian diproses uji Publik dan Evaluasi hukum yang nanti diberikan ke Camat selanjutnya ke Bupati”,ungkapnya.

PRB melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) yang mengadakan penyusunan Perdes, maka Forum PRB selaku lembaga yang bertanggung jawab untuk mendorong Program tersebut termasuk Program pembangunan Desa.

Dilanjutkanya,”Bantuan seperti Jalur Evakuasi, Posko, Peralatan Darurat, Tandu, yang diserahkan disetiap Dusun THT maka itu juga perlu kita jaga, karena kita tidak mau mengatur sendiri apalagi itukan Aset Desa,” tambahnya.(ysf)

LEAVE A REPLY