Beranda BERITA TERBARU Baju Kuruang Basiba Terus Lestari

Baju Kuruang Basiba Terus Lestari

369
0
BERBAGI

PADANG-maklumatnews.net–Pemerintah Kota Padang terus melestarikan adat dan tradisi Minangkabau. Salah satunya pakaian baju kuruang basiba. Agar tetap lestari, Pemko Padang menampilkan 1000 baju kuruang basiba.

Penampilan 1000 baju kuruang basiba itu sekaligus untuk memecahkan rekor Muri. Serta “mematenkan” baju khas Minangkabau itu.

“Upaya memecahkan rekor Muri ini merupakan upaya kita untuk melestarikan pakaian khas perempuan Minang,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang Medi Iswandi, kemarin.

Ditambahkannya, upaya ini juga sekaligus cocok dengan langkah Pemko Padang mewujudkan wisata halal.

“Di samping promosi wisata tentunya,” ujar Medi.

Seperti diketahui, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Padang menjadi pelaksana kegiatan pemecahan rekor Muri. Pemko Padang akan melakukan kolaborasi dengan Genre Kota Padang, Forum Anak, serta Komunitas Baju Kuruang Basiba Sumatera Barat.

“Yang akan ikut berbaju kuruang basiba nantinya mulai dari anak sekolah yakni TK, SD, SMP, SMA, Bundo Kanduang Kecamatan dan Kota, PKK Kecamatan dan Kota serta GOW dan DW,” ulas Medi.

Pemecahan rekor Muri dilaksanakan 15 April mendatang di Pantai Cimpago. Dalam pemecahan rekor itu, kawasan tempat digelarnya acara akan disulap seperti kondisi retro (zaman dulu).

“Kita harapkan partisipasi masyarakat mendukung acara ini,” harap Medi.(Charlie)

LEAVE A REPLY