Beranda BERITA TERBARU Bantuan Sebagai Bentuk Kepedulian Kita Terhadap Sesama Insan

Bantuan Sebagai Bentuk Kepedulian Kita Terhadap Sesama Insan

557
0
BERBAGI

PADANG-maklumatnews.net– Sumbar kembali berduka ,setelah Longsor dan banjir yang terjadi Jum’at (3/3) lalu, melebihi Rp253 miliar lebih. Sekitar 3.482 kepala keluarga (KK) terkena dampak bencana. Terbesar itu di Pangkalan Koto Baru dengan hitungan 2.182 KK, Kapur IX sebanyak 664 KK, Harau 380 KK, Mungka 204 KK, Bukit Barisan 2 KK, Suliki 13 KK dan Lareh Sago Halaban 37 KK.

Di sektor pendidikan, ada 31 sekolah terkena dampak yang mengakibatkan kerusakan berat pada mobiler, buku-buku, alat tulis, alat peraga dan alat–alat kantor lainnya. Sedangkan untuk bangunan gedung sekolah, hanya mengalami kerusakan ringan.

“Untuk TK, ada 14 yang terkena dampak. Kerugiannya Rp1,78 miliar lebih. Sedangkan SD, ada 11 unit. Kerugian Rp3 miliar lebih, SMP 4 unit dan kerugiannya Rp456 juta lebih. Untuk SLTA, 2 unit yang kerugiannya Rp672 juta lebih,” sebut Bupati.

Bidang pertanian, Limapuluh Kota mengalami kerusakan lahan sawah 142,9 Ha, jagung 6,35 Ha, cabai 19,25 Ha, bawang merah 1 Ha, karet 46,5 Ha, sawit 8 Ha, gambir 117,8 Ha, kakao 2 Ha, sawah hilang 0,1 Ha, sawah tertimbun longsor 10 Ha.

Kerugian pasca bencana paling besar, ditimbulkan akibat kerusakan jalan, rumah, irigasi, jembatan dan jaringan pipa air bersih.  Kerusakan jalan akibat longsor, terjadi di 64  titik. Meliputi Kecamatan Bukit Barisan 7 titik, Kecamatan Pangkalan 38 titik, Kecamatan Mungka 2 titik, dan Kecamatan Kapur IX 17 titik.

Kepedulian kepada sesama tentu sangat di harapkan agar rasa kesedihan mereka bisa sedikit terobati, kesedihan korban banjir dan longsor 50 kota ini sangat di rasakan oleh jajaran Kemenag Kota Padang.

Selasa (14/3) rombongan Kemenag Kota Padang yang di pimpin oleh H.Japeri.MM berserta jajaran melakukan kunjungan ke Kabupaten 50 Kota memberikan bantuan pada para korban yang terdampak bencana.

Rombongan Kemenag Kota Padang ini di sambut langsung oleh Ifkarul Ihsan.SAg kepala KUA Pangkalan Kabupaten 50 Kota. Bantuan tersebut berupa uang tunai sebesar 18 Juta lebih, pakaian layak pakai dan paket sembako.

H.Japeri,MM, kepala Kemenag Kota Padang pada Wartawan menjelaskan “bantuan ini sebagai bentuk kepedulian kita terhadap sesama insan, jangan di lihat dari berapa nilainya”, ungkap Japeri.

Japeri menambahkan “semoga para korban tetap di beri kesabaran oleh Yang Maha Kuasa, ini semau cobaan dariNya dan jangan sampai kita kehilangan semangat hidup. Karena Tuhan tidak akan memberikan cobaan diluar batas kemampuan umatnya, semoga bantuan ini bermanfaat dan menjadi amal ibadah bagi kita semua”, harap Japeri.(*sn*)

LEAVE A REPLY