Beranda BERITA TERBARU Bawa Penelitian Obat Baru Untuk HIV/AIDS, SMAN 4 Payakumbuh Raih Juara 3...

Bawa Penelitian Obat Baru Untuk HIV/AIDS, SMAN 4 Payakumbuh Raih Juara 3 LKTI Se Sumatera

699
0
BERBAGI

Payakumbuh -maklumatnews.net- SMAN 4 Payakumbuh meraih juara 3 dalam Lomba Karya Tukis Ilmiah (LKTI) SMA Tingkat Sumatra dengan event SMAPSIC 2020 yang merupakan agenda tahunan bergengsi SMAN 1 Padang pada Minggu, 9 Februari lalu.

Tim LKTI SMAN 4 Payakumbuh atas nama Allya Fhadyla, Alya Hafzah Azizah, dan Adibul Kholis yang masih duduk di bangku kelas X dan XI dibimbing oleh guru Ayu Kurniasih, S.Pd. membuat sebuah penelitian tentang Khasiat Enzim Fisin Tanaman Ficus Benjamina (Beringin) sebagai alternatif Atiretroviral dan pemecah kapsid Virus dalam pengobatan HIV/AIDS.

Penelitian ini didukung penuh oleh Kepala SMA N 4 Payakumbuh, Makziwel, S.Pd. Adapun Latar belakang dari penelitian ini didapat berdasarkan informasi yang diperoleh dari KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) Kota Payakumbuh.

Setelah melakukan wawancara dengan Bapak Vemil Amri selaku Komisioner KPA dan sekretaris KPA Kota Payakumbuh Fahman Rizal, diketahui bahwa kasus HIV/AIDS di Kota Payakumbuh setiap tahun semakin meningkat. Bahkan penderitanya didominasi oleh usia remaja.

Kasus kematian akibat HIV/AIDS pun mengalami peningkatan yang salah satu penyebabnya adalah kasus kelangkaan obat-obatan ARV dalam terapi ART bagi penderita. Belum lagi diketahui bahwa obat-obatan ARV yang disubsidi oleh pemerintah tersebut hanya manjur pada pasien yang baru terinveksi HIV karena sifat virus HIV yang memiliki kemampuan tinggi untuk melakukan mutasi genetika di tubuh inang (penderita).

Dengan demikian, pagi penderita menahun, obat-obatan relatif mahal dan tidak terjangkau, juga harus selalu dicari kombinasi obat ARV yang tepat bagi penderita. Oleh karena itu, obat-obatan herbal pendamping ART bagi penderita masih sangat dibutuhkan. Apalagi jika dapat membantu mengatasi berbagai penyakit sebagai efek samping obat-obatan kimia ARV yang sering dialami penderita, seperti yang terdapat dalam tanaman Ficus Benjamina (beringin) ini.

Setelah melalui babak final melalui presentasi di hadapan dewan juri, akhirnya tim LKTI dari SMA N 4 Payakumbuh berhasil meraih juara 3 tingkat Sumatra. Sedangkan Juara 1 dan 2 diraih oleh Kota Pekanbaru.

Harapan tim LKTI, agar penelitian ini dapat dijadikan salah satu referensi bagi penelitian lanjutan untuk terus menggali efektivitas tanaman ini sebagai obat ARV HIV/AIDS, sehingga dapat membantu pengobatan penderita HIV/AIDS. (FS)

LEAVE A REPLY