Beranda BERITA TERBARU Bawaslu Kota Payakumbuh Sudah Kantongi Informasi Dugaan Money Politik

Bawaslu Kota Payakumbuh Sudah Kantongi Informasi Dugaan Money Politik

468
0
BERBAGI

Payakumbuh -maklumatnews.net- Semakin menuju kepada hari pencoblosan Pemilihan Umum, terhitung Selasa (16/4) sore, pengawasan yang dilakukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Payakumbuh semakin ketat, termasuk juga dengan banyaknya informasi yang beredar terkait adanya Peserta pemilu yang melakukan pelanggaran di Masa Tenang.

Salahsatu Daerah Pemilihan Payakumbuh 1 (Dapil1-red) contohnya, Ade Hendra Ketua Panwascam Payakumbuh Barat mengatakan sudah mengantongi informasi terkait adanya Calon Legislatif yang melakukan tindakan pelanggaran Pemilu di wilayah Payakumbuh Barat.

“Benar kita sudah menerima informasi, sampai saat ini kita masih melakukan penelusuran, dan kita dalami apakah benar dugaan pelanggaran politik uang dilakukan oleh peserta pemilu sesuai informasi tersebut, akan kita kawal terus walaupun hanya infromasi,” ujar Ade ketika dihubungi wartawan via telepon, Selasa (16/4) siang.

Sementara itu Ketua Bawaslu Kota Payakumbuh Muhammad Khadafi mengatakan sampai saat ini belum ada Laporan ke Bawaslu perihal money politik, hanya informasi saja, meskipun begitu Bawaslu tetap dengan komitmen akan melakukan penelusuran lebih lanjut agar pelaksanaan Pemilu tidak diciderai oleh oknum-oknum pelanggar hukum.

“Sekarang baru informasi, kita lakukan tracking (Penelusuran-red) apakah benar terjadi disitu. Karena sifatnya masih informasi, kita lakukan pendalaman di wilayah yang disebutkan. Sedangkan kalau yang untuk sifatnya laporan, harus ada yang datang ke Bawaslu untuk melaporkan tindakan tersebut, beserta buktinya,” ujar Khadafi.

Khadafi juga menambahkan kalau statusnya masih informasi, akan ditindak lanjuti hingga batas kewenangan Bawaslu. Untuk menyamai metode Pelanggaran yang kerap dilakukan oleh Peserta Pemilu, Bawaslu selalu melakukan patroli anti politik uang agar peserta pemilu, pemilih, dan masyarakat terhindar dari hal-hal dan perbuatan yang melanggar UU Nomor 7 Tahun 2017.

“Jumlah informasi sangat banyak masuk, masih dilakukan penelurusan, terkadang pemberi informasi ketika ditanya kebenarannya dia tidak mau menindak lanjuti, kita dari Bawaslu Kommit melakukan Penelusuran terkait informasi sekecil apapun,” ujar Khadafi.

Khadafi menghimbau masyarakat agar berperan partisipatif untuk mengawasi, kalau perlu melaporkan kalau ada dugaan atau indikasi terjadinya politik uang jelang hari pencoblosan. (FS)

LEAVE A REPLY