Beranda BERITA TERBARU Bawaslu Mentawai Gelar Bimtek TOT Pemilu 2019

Bawaslu Mentawai Gelar Bimtek TOT Pemilu 2019

476
0
BERBAGI

Mentawai-maklumatnews.net-TOT atau Pelatih untuk melatih ini mencakup kepada Tiga Sasaran yaitu Pertama, kepada Peserta Bimtek Panwascam mampu memberikan pelatihan kepada pengawas TPS. Kedua, Pengawas TPS dan Saksi Pemilu 2019 dapat memberi Informasi yang diperoleh kepada Masyarakat. Dan Ketiga terciptanya Pemilu Damai, Adil dan Musaraina.

“Pelatih untuk melatih adalah pembekalan Panwascam se kabupaten kepulauan Mentawai agar nanti dapat melatih Pengawas TPS di setiap kecamatan di kabupaten kepulauan Mentawai,” ungkap Ketua Bawaslu Mentawai Perius Sabaggalet kepada Wartawan. Rabu, (20/03) di Bundo House, Jl. Raya Tuapejat Km-06, Desa Sipora jaya, kecamatan Sipora Utara.

Ia menambahkan, Seminar selama 3 hari tersebut menghadirkan 60 Peserta disetiap Desa kecamatan kabupaten kepulauan Mentawai. Adapun tujuan Bimtek Tot itu agar dapat memberikan Pemahaman dan pembekalan pelaksanaan pemungutan dan Rekapitulasi suara secara Regulasi dan tahapan aturan dimasing wilayah peserta pada 17 April 2019 mendatang.

“Bagi pengawas TPS sendiri di SK kan selama 1 bulan, sesui surat edaran Bawaslu RI direncanakan 25 Maret 2019 dilakukan Pelantikan serentak seluruh Indonesia, jika tidak ada perubahan. Setelah dilantik dilakukan Bimtek terhadap pengawas TPS oleh Panwaslu kecamatan,” tambah Peri.

Saat Simulasi dikatakan, Pihaknya dan jajaran membuat Gambaran dan Skenario TPS agar Peserta mengerti Kendala dan Kasus yang nanti bakal dihadapi peserta. Seterusnya tindak lanjut Pengawasa TPS disegi Mekanisme, Regulasi dan Kesiapan Pengawas TPS nantinya.

Dalam simulasi itu ada beberapa hal yang nanti perlu diperhatikan seperti Pengawasan Identitas Pemilih dalam menyikapi atau mendampingi pemilih seperti Tuna Netra, Buta huruf dan lainnya. Tentunya, Simulasi tersebut dapat memberikan pemahamn kepada Pengawas TPS dalam mengambil Tindakan.

“Dalam Simulasi itu kita gambarkan seakan apa yang akan terjadi diwaktu Pemilu mendatang,” Terangnya.

Ketua Bawaslu berharap, setelah dilakukanya pembekaan Bimtek TOT tersebut seluruh Panwascam bisa menerapkan dan menyampaikan hasil Bimtek kepada Pengawas TPS.

Sehingga nanti mampu menjalankan tugas Tupoksi Wewenang dan Kewajiban seperti yang telah di atur dalam Undang-undang agar tidak terjadi pelanggaran sehingga Pemilu 17 April 2019 mendatang berjalan lancar aman dan Kondusif dan Adil.(ysf)

LEAVE A REPLY