Beranda BERITA TERBARU BAWASLU TANAH DATAR BEBERKAN DUGAAN PELANGGARAN DALAM TAHAP PILKADA

BAWASLU TANAH DATAR BEBERKAN DUGAAN PELANGGARAN DALAM TAHAP PILKADA

193
0
BERBAGI

Tanah Datar, Maklumatnews.net

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tanah Datar  mengatakan bahwa adanya indikasi enam dugaan pelanggaran selama proses tahapan Pilkada Luhak Nan Tuo sampai hari ini.

Dugaan pelanggaran tersebut disampaikan Ketua Bawaslu Tanah Datar Hamdan di kantor Bawaslu depan Terminal Dobok Piliang Lima Kaum, Senin (05/10).

“Adapun dugaan 6 (enam) pelanggaran tersebut terdiri dari 2 (dua) dugaan pelanggaran netralitas ASN, 2 dugaan pelanggaran ketentuan pasal 187 a jo 73 UU Nomor 10 tahun 2018 dan dugaan pelanggaran pemasangan APK.

Semua pelanggaran ini di lakukan oleh 3 (tiga) pasangan calon (Paslon) dan sedang dilakukan proses pemeriksaan bersama Gakkumdum, “Semua dugaan Pelanggaran jika terbukti akan di berikan sanksi hukum  sesuai dengan undang-undang yang telah ditetapkan,” ucapny Hamdan.

Terkait dugaan politik uang yang dilakukan 2 (dua) pasangan calon (Paslon) kata Hamdan,
prosesnya mulai dari penelusuran, klarifikasi dan pembahasan di Sentra Gakkumdu dilakukan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, apakah lanjut ketahap berikut atau tidak dan yang berhak memutuskan tentunya pengadilan jika Prosesnya berlanjut,” urai Hamdan.

Hamdan menambahkan, Satu kasus dugaan sudah masuk ke tahap klarifikasi dan penyelidikan oleh pihak kepolisian.1 lagi sedang penelusuran dan pengumpulan alat bukti.1 dugaan kasus sedang. ditelusuri dugaan pidananya sudah dalam proses penyelidikan, tambah Ketua Bawaslu. (N-05)

LEAVE A REPLY