Beranda BERITA TERBARU Belum Pasang APK Paslon, KPU Padang Kangkangi PKPU

Belum Pasang APK Paslon, KPU Padang Kangkangi PKPU

375
0
BERBAGI

PADANG-maklumatnews.net--Satu bulan sejak ditetapkannya masa kampanye pemilihan walikota (Pilwako) Padang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang belum memasang alat peraga kampanye (APK) pasangan calon. Fakta ini mendorong DPRD Padang angkat bicara dan mendesak KPU Padang segera melakukan pemasangan APK paslon.

Anggota Komisi I DPRD Padang, Zaharman mengatakan pada masa kampanye ini seharusnya KPU Padang sudah memasang semua alat peraga pasangan calon agar masyarakat mengetahui siapa calon walikota yang akan bertarung di pilkada nanti. Diakui politisi Partai Hanura ini, sosialisasi pilkada yang dilakukan KPU Padang masih minim.

“Soal anggaran, KPU tidak kekurangan. Saya pikir, anggaran Rp37 miliar yang dialokasikan seharusnya membuat KPU Padang lebih masif melakukan sosialisasi,” kata Zaharman dalam beberapa kesempatan.

Sesuai Peraturan KPU (PKPU) Nomor 4 Tahun 2017 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota, pada pasal 28 menyatakan KPU Provinsi/KIP Aceh atau KPU/KIP Kabupaten/Kota memfasilitasi pembuatan dan pemasangan Alat Peraga Kampanye.

Ketua Komisi I DPRD Padang, Azirwan sempat menanyakan belum adanya pemsangan APK paslon oleh KPU dalam rapat dengar pendapat (RDP) awal pekan lalu. Azirwan menyayangkan lambatnya kinerja KPU Padang soal pemasangan APK tersebut.

“Kami minta KPU Padang segera memasang APK pasangan calon. Ini amanat UU yang harus diselesaikan KPU Padang,” tegas Wakil Ketua DPRD Padang, Wahyu Iramana Putra.

Menanggapi hal tersebut, Ketua KPU M Sawati menjelaskan untuk pemasangan APK saat ini sedang dilakukan proses tender. “Tanggal 27 Maret akan dilakukan pemasangan sesuai dengan titik-titik yang sudah ditentukan,” ujar Sawati ketika dicerca pertanyaan soal pemasangan APK oleh Komisi I DPRD Padang.(***)

LEAVE A REPLY