Beranda BERITA TERBARU BUPATI KAB. SOLSEL MUZNI. Z MERAIH WTP MEMBANGKIT BATANG TARANDAM

BUPATI KAB. SOLSEL MUZNI. Z MERAIH WTP MEMBANGKIT BATANG TARANDAM

438
0
BERBAGI

Padang-MaklumatNews.Net–Sudah 13 tahun Kab. Solok Selatan dengan pekerjaan yang keras dedikasi yang tinggi bersama DPRD, OPD, menciptakan sistem pengelolaan keuangan berhasil mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) yang diserahkan oleh Kepala BPK-RI perwakilan Sumbar Eliza di Auditorium Kantor BPK Padang Selasa Tanggal 06/06/2017 disaksikan Ketua DPRD Kab. Solok Selatan Sidik Ilyas dan Wakil Bupati Kab. Solok Selatan H. Abdurahman serta OPD. Terlepas dari terpuruk 1) opini tidak memberikan pendapat (disclaimer), 2) opini tidak wajar dan 3) opini wajar dengan pengecualian (WDP). Ini dibenarkan oleh Bupati Kab. Solok Selatan H. Muzni Zakaria melalui Handphonnya Nomor : 081166xxxxx hari Kamis tanggal 8 Juni 2017 kepada Mahyudin Koordinator Sumbar Media Online Maklumat News.

Mampu mendapatkan WTP, bukanlah hal mudah bagi Kab. Solok Selatan, dimana selama delapan tahun (2004-2011) menyandang predikat Disclaimer. Tahun ke-9 Kab. Solok Selatan tahun 2012 yaitu dua tahun Bupati H. Muzni Zakaria dan Wakil Bupati H. Abdurrahman memimpin Solsel mampu meraih predikat Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Selama 4 tahun Solok Selatan masih berkutat pada predikat WDP sehingga Solok Selatan berupaya mampu meraih  WTP. Akhirnya di tahun ke2 pada periode ke-2 kepemimpinan H. Muzni Zakaria dan H. Abdurrahman Kab. Solok Selatan mampu meraih WTP ini adalah hal yang membahagiakan bagi kami wujar Wakil Bupati Kab. Solok Selatan H. Abdurrahman.

Predikat WTP ini didapat dengan perjuangan panjang setelah 13 tahun dimekarkan akhirnya kita bisa mendapatkan WTP terhadap laporan keuangan 2016 dengan WTP ini diharapkan bisa membangkitkan semangat Kab. Solok Selatan untuk lebih baik lagi kedepannya. Dijelaskan Wabup setelah ini yang menjadi tantangan adalah bagaimana mempertahankannya dan itu menjadi tantangan yang harus dihadapi dimana menjadi masalah selama ini sehingga predikat WTP belum juga diraih adalah permasalahan Aset dan itu bukan dari belanja modal sejak Kabupaten dimekarkan tetapi limpahan dari Kabupaten Induk.

Aset limpahan dari kabupaten induk (Solok) yang sulit diinventarisir seperti gedung sekolah sehingga selama 8 tahun kita menyandang Opini Disclaimer. Nama ruas jalan di Kab. Solok Selatan yang rancu dan selalu berganti setiap tahun sehingga menjadi temuan BPK dengan nama jalan yang selalu diubah-ubah seolah-olah pemerintah Kab. Solok Selatan membuat proyek fiktif padahal faktanya pekerjaan itu memang ada. Setelah semua diperbaiki dan ada Surat Keputusan (SK) sekarang nama ruas jalan sudah seragam sehingga WTP bisa diraih kata Wabup. Dikatakan pada 2 periode kepemimpinannya yang paling sulit adalah saat mengeluarkan dari Opini Disclaimer yang baru bisa terlaksana pada tahun 2013, setelah 9 tahun baru predikat Disclaimer baru bisa dilepas dan beralih ke WDP. Sejak dilantik pada periode pertama yang sulit adalah keluar dari disclaimer karena dosa masa lalu dan pada tahun kedua kami menemukan caranya sehingga bisa mendapat WDP, sedangkan pada masa kepemimpinan kedua ini katanya berhasil membawa Kab. Solok Selatan meraih Opini WTP yang selama ini diimpikan predikat WTP ibarat kita terbebas dari kutukan ujarnya.

Kab. Solok Selatan meraih WDP 4 tahun lalu pada tahun 2013 terhadap pemeriksaan anggaran tahun 2012 dan setelah itu terus berupaya untuk meraih WTP sampai Bupati Solsel Muzni Zakaria melarang kepada OPD keluar Daerah saat pemeriksaan keuangan oleh BPK awal tahun lalu. Disebutkan Wabup kesuksesan pemerintah ada 2 indikator yaitu segi pengelolaan keuangan dan kinerja pemerintahan LAKIP, sekarang dari segi bersihnya sudah berhasil dan itu dibuktikan dengan WTP, sedangkan LAKIP terus dibenahi supaya lebih baik kedepan. LAKIP Kab. Solok Selatan masih mendapat nilai C plus dan tahun 2018 harus bisa ditingkatkan lagi sekarang kita ditengah LAKIP dan tahun depan harus ditingkatkan yaitu dengan nilai yang lebih baik lagi.

Kita ucapkan Cap Jempol sebagai warga Solok Selatan kepada Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, OPD dan pendukung tercapainya WTP agar dapat dipertahankan dimasa depan. (MH)

LEAVE A REPLY