Beranda BERITA TERBARU Cari Pengurus Baru, Mukota Ke V Kadin Kota Payakumbuh Digelar

Cari Pengurus Baru, Mukota Ke V Kadin Kota Payakumbuh Digelar

92
0
BERBAGI

Payakumbuh -maklumatnews.net- Musyawarah Kota (Mukota) ke V Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Payakumbuh digelar di Aula Hotel Mangkuto Kota Payakumbuh, Rabu (29/6).

Kegiatan yang bertema “Menciptakan Enterpreneur Tangguh Dan Bersinergi Untuk Pembangunan Kota Payakumbuh” itu dihadiri oleh Ketua Umum Kadin Provinsi Sumatera Barat Ramal Saleh dan pengurus, Staf Ahli Wali Kota Elvi Jaya, Caretaker Kadin Kota Payakumbuh Masrizal Mamak, Kepala Cabang Kantor Bank BTN, Dewan Pengawas PDAM Kota Payakumbuh, serta tamu undangan.

Kadin berfungsi sebagai wadah dan wahana komunikasi, informasi, representasi, konsultasi, fasilitasi dan advokasi pengusaha Indonesia, antara para pengusaha Indonesia dan pemerintah, dan antara para pengusaha Indonesia dan para pengusaha asing, mengenai hal-hal yang berkaitan dengan masalah perdagangan, perindustrian, dan jasa dalam arti luas yang mencakup seluruh kegiatan ekonomi, dalam rangka membentuk iklim usaha yang bersih, transparan dan profesional, serta mewujudkan sinergi seluruh potensi ekonomi nasional.

Ketua OC Asmel Arianto Dt. Tunaro Mudo mengatakan peserta Mukota Kadin Kota Payakumbuh hari ini adalah 30 orang pengusaha dan UMKM bidang usaha dan industri di Kota Payakumbuh.

Senada, Caretaker Kadin Kota Payakumbuh Masrizal Mamak dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada ketua OC dan SC yang mampu menyiapkan kegiatan ini hanya dalam jangka waktu selama 1 minggu.

Sementara itu, Ketua Umum Kadin Sumbar Ramal Saleh mengatakan Kadin adalah rumah gadang dari pelaku usaha, pai tampek batanyo pulang tampek babarito. Semua pelaku usaha sesuai undang-undang adalah anggota Kadin.

“Jadi anggota Kadin bukan hanya kontraktor saja. Tagline Kadin kedepan adalah inklusif dan kolaboratif. Mulai dari usaha mikro, kecil, mengah, besar, semua adalah anggota kadin,” ujarnya.

Ramal juga menambahkan, dengan digaungkannya kembali semangat dari anggota Kadin, di Kota Payakumbuh ada belasan ribu UMKM, kalau semuanya adalah anggota kadin, maka lebih besar jumlah keanggotaan Kadin dari partai politik di daerah.

“Politik Kadin adalah politik kesejahteraan, bagaimana membuka lapangan usaha, anak-anak yang menganggur dapat pekerjaan, ekonomi tumbuh, dan kemajuan daerah terjadi,” kata Ramal.

Ditambahkan Ramal, saat Munnasus Kadin di ICE BSD, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Kamis, 23 Juni 2022 lalu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian sudah berjanji, akan mengantar hasil Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga hasil dari Munnasus Kadin Indonesia yang disahkan menjadi Keputusan Presiden (Keppres).

“Kadin adalah mitra kerja pemerintah dalam urusan ekonomi. Kita bahu membahu saling menguatkan ekonomi di daerah masing-masing. Hari ini kadin akan diperkuat, keberadaannya dapat dirasakan oleh semua pelaku usaha di indonesia,” ujarnya.

Ramal Saleh juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Payakumbuh yang terus mendorong dan memberikan support kepada Kadin Kota Payakumbuh.

“Saya berharap, kita mendapatkan special stimulan untuk mendorong ekonomi lebih baik. Semoga roda ekonomi ke depan berjalan dengan baik untuk eksport edukasi dan sosialisasi terhadap UMKM di Kota Payakumbuh. Saya berharap nantinya banyak inovasi-inovasi yang akan muncul dari UMKM. Terimakasih Pemerintah Kota Kota Payakumbuh telah menjadi mitra terbaik kami, semoga ke depannya akan berjalan dengan lancar,” kata Ramal.

Membuka Mukota Kadin tersebut, Staf Ahli Elvi Jaya mengatakan keberadaan Kadin merupakan salah satu pilar penting dalam rangka mempertahankan dan mengangkat perekonomian rakyat, memberdayakan masyarakat, mengentaskan kemiskinan dan menggerakkan roda perekonomian. Menjadi mitra sejajar dan bersama-sama berperan aktif sebagai katalisator mempercepat pembangunan daerah di Kota Payakumbuh.

“Semoga dengan diselenggarakannya kegiatan musyawarah kota ini, nantinya akan dapat dihasilkan keputusan yang terbaik, terutama sebagai evaluasi terhadap Laporan Pertanggungjawaban Dewan Pengurus Kadin Kota Payakumbuh periode 2017-2022” ujarnya.

Dalam acara ini sekaligus dilakukan pemilihan Ketua Kadin Kota Payakumbuh yang baru, sebagai ketua tim formatur untuk kepengurusan Kadin Kota Payakumbuh periode tahun 2022-2027 mendatang.

“Untuk itu Pemerintah Kota Payakumbuh senantiasa berusaha juga untuk menambah, meningkatkan dan memperluas dukungan infrastruktur, mempercepat proses regulasi daerah guna memudahkan investasi serta berupaya mendiversifikasi, meminimalkan ketergantungan pada sektor-sektor penghasil PAD yang sudah menjadi andalan APBD Kota Payakumbuh,” kata Elvi Jaya.

Pemko Payakumbuh berkomitmen menyediakan ruang untuk mendorong kegiatan ekonomi baik sektor perdagangan barang dan jasa, menyediakan kepastian dan kejelasan aturan regulasi, serta mendukung peningkatan daya saing pengusaha daerah. (FS)

LEAVE A REPLY