Beranda BERITA TERBARU CUACA TIDAK BERSAHABAT, WARGA HARUS WASPADA

CUACA TIDAK BERSAHABAT, WARGA HARUS WASPADA

318
0
BERBAGI
Painan,-maklumatnews.net- Dengan bermacam terjadi bencana banjir,Wakil Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) Rusma Yul Anwar mengimbau warga meningkatkan kewaspadaan pascabanjir yang melanda daerah itu pada beberapa hari terakhir.
Ia di Painan, Senin, mengatakan dengan ditingkatkannya kewaspadaan mudah-mudahan kerugian materi bisa diminimalisir.
“Pada Kamis (5/1) dan Jumat (6/1) beberapa daerah di kabupaten ini mengalami kebanjiran, kami telah mendistribusikan bantuan serta mendirikan beberapa unit posko,” kata dia.
Selain itu pihaknya juga mengerahkan tim dengan peralatan lengkap seperti perahu karet untuk mengevakuasi korban dan juga alat berat untuk membuka jalan yang tertimbun longsor.
Ia mengatakan banjir tersebut menggenangi 5.547 unit rumah warga serta ratusan hektare lahan pertanian yang tersebar di delapan kecamatan dari 14 kecamatan.
“Kemungkinan setelah data dari kecamatan lain masuk bisa saja jumlah rumah yang serta lahan pertanian yang terdampak banjir akan bertambah,” katanya.
Ia menyebutkan metode evakuasi yang dilakukan regu penyelamat harus terus dievaluasi sehingga tugas berikutnya selesai dengan hasil memuask.
“Selain memastikan korban bencana selamat tentu personel tim penyelamat juga harus terbebas dari risiko terutama yang menyangkut keselamatan jiwa dan raga,” ungkapnya.
Terpisah, Kepala Seksi Observasi dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ketaping Padangpariaman Budi Samiadji memprakirakan provinsi itu masih berpotensi terdampak cuaca ekstrem hingga akhir Januari 2017 karena itu warga setempat diminta waspada.
“Waktu berakhirnya cuaca ekstrem di Sumbar tidak dapat diprediksi, kadang cuaca membaik, kadang kembali memburuk seketika,” katanya.
Namun, ia mengatakan terdapat potensi pengurangan terjadinya cuaca ekstrem pada akhir Januari 2017, walaupun sesekali tetap terjadi.
Ia menjelaskan terdapat pola khusus terkait cuaca ekstrem sehingga warga setempat termasuk yang berada di kawasan rawan banjir, longsor serta pohon tumbang tetap harus hati-hati dan meningkatkan kewaspadaaan. (*)

 

antaranews

LEAVE A REPLY