Beranda BERITA TERBARU Cucu Pengebom Hiroshima Jadi Wakil Komandan Bomber Nuklir AS

Cucu Pengebom Hiroshima Jadi Wakil Komandan Bomber Nuklir AS

336
0
BERBAGI

WASHINGTON-maklumatnews.net–Cucu dari Paul Tibbets Jr, pilot yang menjatuhkan bom atom di Hiroshima, Jepang, pada tahun 1945 ditunjuk menjadi wakil komandan untuk penerbangan pesawat pengebom nuklir jarak jauh Amerika Serikat (AS). Bom atom yang dijatuhkan Tibbets di Hiroshima pada akhir Perang Dunia II kala itu menewaskan sekitar 90.000 orang.

Cucu pengebom Hiroshima itu bernama Brigadir Jenderal Paul W. Tibbets IV. Dia, seperti diumumkan Pentagon dalam situsnya, pada saat ini menjabat wakil komandan Air Force’s Global Strike Command (AFGSC) AS yang berkantor pusat di Pangkalan Angkatan Udara Barksdale di Louisiana.

Bom atom Hiroshima yang dikenal sebagai bom “Little Boy” itu merupakan bom atom kedua yang dijatuhkan AS setelah di Nagasaki yang jaraknya hanya 560 mil dari Hiroshima. Bom atom di Nagasaki menewaskan sekitar 40.000 orang.

Pengumuman Pentagon yang dikutip Russia Today, semalam, menyatakan Tibbets IV telah dipindahkan ke AFGSC setelah sebelumnya menjabat sebagai komandan 509th Bomb Wing pada Pangkalan Angkatan Udara Whiteman di Missouri, sebuah detasemen yang sama kakeknya bertugas dulu.

Meskipun sebagian besar korban bom atom di kedua kota Jepang itu  adalah warga sipil, Tibbets IV mengklaim pengeboman nuklir adalah kebutuhan militer AS pada saat itu.

”Peristiwa ini meletakkan dasar untuk pencegahan strategis pada saat ini,” katanya kepada Air Force Times, saat peringatan 70 tahun bom Hirosima pada 2015. ”Melalui penangkal nuklir yang aman dan efektif, kami telah menghindari kerja yang sebenarnya dari jenis-jenis senjata sejak 1945,” ujarnya.

AS tidak pernah menawarkan permintaan maaf secara resmi untuk korban bom atom di Hiroshima dan Nagasaki, meskipun pada Mei tahun lalu, Barack Obama menjadi yang presiden pertama AS yang mengunjungi Hiroshima.

sindonews
(mas)

LEAVE A REPLY