Beranda DAERAH Dengan Sejumlah Program Dinas Perikanan Pasbar Berdayakan Masyarakat

Dengan Sejumlah Program Dinas Perikanan Pasbar Berdayakan Masyarakat

332
0
BERBAGI

Dinas Perikanan Pasaman Barat terus berupaya memberdayakan ekonomi masyarakat di sektor perikanan dengan sejumlah program yang mereka laksanakan.

Belum lama ini, Dinas tersebut membantu kelompok pemuda di Kampung Rambah Kinali dengan mendonasikan 10.000 benih Ikan Nila. Bantuan  diberikan kepada Ikatan Pemuda Pemudi Kampung Rambah Kecamatan Kinali yang diketuai oleh Firman.

Saat dimintai keterangan sewaktu penyerahan, Kadis Perikanan Arial Efendi mengungkapkan bahwa bantuan bibit diberikan setelah sebelumnya Pemuka Masyarakat Kampung tersebut telah melakukan koordinasi dengan kedinasannya.

“ Atas inisiatif Ninik Mamak Kampung Rambah dan dilanjutkan dengan permohonan secara tertulis, maka bantuan ini kami berikan kepada kelompok pemuda untuk dapat dibudidayakan di Banda Irigasi dan Lubuk Larangan kampung mereka, “ jelas Arial.

Arial berharap hal ini menjadi kegiatan yang bermanfaat bagi para pemuda di kampung tersebut dan hasilnya dapat mereka pergunakan untuk hal – hal positif, seperti membantu mushalla, menambah cadangan kas mereka untuk berbagai rencana dan keperluan lainnya.

“ Budidaya perikanan di banda irigasi dan lubuk larangan tentunya menjadi kegiatan yang bermanfaat bagi pemuda. Apalagi di kampung Rambah sedang dalam pelaksanaan pembangunan Waterboom dan dengan adanya budidaya ikan larangan ini diharapkan menjadi rekreasi tambahan bagi pengunjung, “ ujar Arial.

“ Kami berharap hasil budidaya ikan Nila tersebut nantinya menjadi pemasukan bagi kas pemuda yang dapat mereka pergunakan untuk berbagai rencana dan kegiatan yang mereka laksanakan. Hal ini juga merupakan kelanjutan dari sejumlah program yang telah kami lakukan, “ lanjutnya lagi.

Seperti diketahui sebelumnya sejumlah program yang telah dilaksanakan Dinas Perikanan dibawah kepemimpinan Kadis Arial Effendi untuk memberdayakan masyarakat di daerah ini antara lain, pemberian Kartu kepada seluruh Nelayan Pasbar, Asuransi Nelayan hasil kerjasama KKP dengan Jasindo.

Untuk Asuransi Nelayan salah satunya telah diterima Alm Asmuna, Warga Kenagarian Air Bangis yang meninggal beberapa waktu yang lalu. Uang Rp. 200,- jt langsung masuk ke rekening yang bersangkutan.

Selain itu juga dengan memberikan bantuan sertifikat tanah kolam budidaya masyarakat. Program ini merupakan hasil kerjasama KKP dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang.

Dinas Perikanan Pasbar selanjutnya juga telah memberikan bantuan 28.000 Gilnet/ jaring dan 14 unit Kapal kepada nelayan serta program lainnya yang bakal dilaksanakan dinas tersebut. (Zein/darlin)

LEAVE A REPLY