Beranda BERITA TERBARU DIAM-DIAM BUPATI DAN ASN LIMAPULUH KOTA “BADONCEK” GANTI UANG WABUP SOAL TPHD

DIAM-DIAM BUPATI DAN ASN LIMAPULUH KOTA “BADONCEK” GANTI UANG WABUP SOAL TPHD

615
0
BERBAGI

Limapuluh Kota -maklumatnews.net- Tak sampai 24 jam pasca Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan menyetorkan uang Rp 68 juta ke kas negara untuk mengganti dana APBD untuk TPHD, Bupati, Irfendi Arbi beserta ASN Limapuluh Kota ternyata Badoncek (Patungan-red) mengganti uang Wabup. Uang ini langsung diserahkan ke tangan Ferizal di kediamannya, Rabu (10/07/2019) sore.

Penyerahan uang ini disaksikan juga oleh Sekda Kabupaten Limapuluh Kota dan beberapa ASN dari berbagai eselon yang turut hadir ke kediaman Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan.

“Ini kejutan untuk pak Wabup. Secara diam-diam, kami seluruh ASN di kantor Bupati Limapuluh Kota patungan untuk mengganti uang Pak Wabup yang disetorkan ke negara sebesar Rp 68 juta tadi pagi,” ucap Bupati, Irfendi Arbi kepada wartawan, Rabu (10/07/2019).

Inisiatif untuk patungan ini timbul dari ide Bupati setelah adanya surat dari Mendagri no 099/5710/SJ tanggal 2 Juli 2019 silam yang menerangkan tidak diperbolehkan kepala daerah berstatus Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) untuk naik haji. Pasalnya, petugas TPHD dibiayai oleh negara melalui APBD daerah.

Karena Gubernur Sumbar tela menetapkan Wakil Bupati sebagai petugas TPHD tahun 2019, Pemkab Limapuluh Kota akhirnya menyetorkan uang sebesar Rp 68 juta untuk biaya perjalanan haji petugas TPHD. Namun, karena surat kemendagri keluar, akhirnya Ferizal Ridwan memutuskan untuk mengganti uang tersebut ke kas negara, Rabu (10/07/2019) pagi.

“Penggantian uang ini juga simbol solidaritas kami di Pemkab Limapuluh Kota. Jika ada persoalan, kami gotong royong untuk menyelesaikannya. Jangan sampai ada orang yang dirugikan dalam sebuah aturan dan kebijakan,” ucap Bupati.

Menerima uang tersebut, Wakil Bupati mengaku senang dengan solidaritas Pemkab Limapuluh Kota yang turut membantu dirinya dalam beberapa persoalan menjelang keberangkatannya naik haji. Namun, sejak persoalan status TPHD Wabup ini viral di media sosial dan media massa, banyak tokoh yang juga turut patungan mengumpulkan uang untuk Wabup. Bahkan nominal yang terkumpul melebihi uang untuk mengganti dana APBD. Untuk itu, uang pengganti yang diterima dari Bupati ini akan disumbangkan Wabup untuk kesejahteraan sosial dan pembangunan mesjid.

“Sangat sangat senang dan berterima kasih dengan bapak Bupati yang berinisiatif mengumpulkan uang ini. Saya akan pergunakan ini untuk pembangunan mesjid dan kesejahteraan sosial,” ucap Wabup. (Rel/ag/FS)

LEAVE A REPLY