Beranda BERITA TERBARU Dinas Kominfo Gagas ‘e-Surat’

Dinas Kominfo Gagas ‘e-Surat’

567
0
BERBAGI

PADANG-maklumatnews.net–Sejak pelantikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru, masing-masing OPD saling berinovasi. Berbagai program direncanakan dan diwujudkan pada tahun ini.

Seperti Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Beberapa rencana kerja sudah disiapkan.

“Kita menerapkan ‘e-Surat’,” ujar Kepala Dinas Kominfo Kota Padang Didi Aryadi, kemarin.

Didi menerangkan sistem ‘e-Surat’ dimaksud yakni penerapan pengelolaan surat masuk dan surat keluar secara elektronik di lingkup Pemko Padang. Surat masuk dan keluar mulai meninggalkan pola konvensional.

“Fisik surat tidak lagi berjalan, akan tetapi hanya ‘soft copy’ yang berjalan melalui sistem yang kita buat,” terangnya.

Didi menjabarkan, ketika sebuah surat masuk melalui front office (FO), petugas FO langsung melalukan ‘scanning’ terhadap surat tersebut. Saat itu juga surat tersebut masuk ke dalam program ‘e-Surat’.

“Sedangkan fisik surat dari kertas disimpan di tempat arsip surat,” ungkap Didi.

Setelah itu surat yang telah di scan tadi, diteruskan FO kepada Sekretaris. Di tangan sekretaris lah surat kemudian didisposisi ke kepala, atau tidaknya.

“Surat yang telah didisposisi itu kemudian dicetak sebagai pertinggal, sedangkan surat dalam bentuk elektronik diteruskan sesuai disposisi,” papar Didi.

Didi menyebut bahwa perjalanan surat akan dapat terpantau oleh pimpinan seperti walikota, wakil walikota maupun sekda. Penerapan ‘e-Surat’ ini termasuk ke dalam rencana kerja Dinas Kominfo selama 100 hari kerja.

Selain itu, beberapa agenda kerja 100 hari juga disampaikan Didi Aryadi. Diantaranya seperti penerapan kerjasama Integrated Quick Respon (IQR) dengan Polres Padang, penyempurnaan website padang.go.id, dan lainnya.

Sedangkan untuk rencana kerja setahun, Didi menyampaikan bahwa pihaknya akan membangun jaringan fiber optik di masing-masing kelurahan. Selanjutnya free telepon, SMS, chatting, maupun WA, di Pemko Padang, dan lainnya.
“Termasuk membangun ‘command center’,” tukas Didi.(Charlie)

LEAVE A REPLY