Beranda Uncategorized DPRD Padang :Pembangunan Pasar Inpres Blok III Pasar Raya Padang Harus Selesai...

DPRD Padang :Pembangunan Pasar Inpres Blok III Pasar Raya Padang Harus Selesai Tepat Waktu

349
0
BERBAGI

PADANG-(MAKLUMATNEWS.NET)-Pembangunan Pasar Inpres Blok III Pasar Raya Padang selesai dalam waktu satu tahun enam bulan, wakil rakyat di Gedung Bundar Jalan Sawahan Padang meminta pengerjaan bangunan dapat selesai tepat waktu.

Sekretaris Komisi III DPRD Padang, Amrizal Hadi mengatakan, pembangunan Pasar Inpres Blok III Pasar Raya Padang yang memakan waktu lama tersebut merupakan upaya Pemerintah Kota Padang untuk menambah tempat berdagang yang nyaman, aman dan bersih bagi pedagang kaki lima (PKL).

“Pembangunan tempat baru bagi pedagang tersebut, tentu dalam pengerjaannya diharapkan selesai tepat waktu, sehingga dapat segera dimanfaatkan oleh pedagang,” ungkap Amrizal hadi di sela-sela rapat komisi di gedung DPRD setempat, Jum’at (9/9/2016).

Selesai tepat waktu, kata Politisi Partai Nasdem ini, namun tetap dalam pengerjaan pembangunan Pasar Inpres Blok III tidak mengabaikan aspek teknis. Terlebih, mengingat kondisi Sumbar yang rawan gempa.

Meski demikian, Amrizal Hadi juga mengkritik pembangunan Pasar Inpres Blok III yang direncanakan berlantai IV. Menurutnya, selain terkesan mubazir, Pasar Inpres Blok III yang dibangun berlantai IV juga tidak cocok dengan keberadaan pasar tradisional atau balai.

“Beda dengan mall dan sejenisnya, berlantai 10 pun pedagang juga mau dan pengunjung tetap datang mencari sesuai kebutuhannnya karena ada fasilitas lift,” ujar Amrizal Hadi.

Pengalaman selama ini, sebut Amrizal Hadi, gedung yang dibangun berlantai lebih dari dua untuk pedagang kerap tak termanfaatkan dengan baik. Kecenderungan pedagang tetap beraktifitas di dua lantai ke bawah.

“Untuk itu ke depan diperlukan perencanaan yang matang terkait pembangunan pasar bagi pedagang lebih dari dua lantai,” ucapnya.

Begitu juga dengan pengunjung pasar atau masyarakat yang ingin berbelanja, susah bagi mereka untuk naik ke lantai lebih dari dua. Apalagi tanpa ada fasilitas lift, parkir kenderaan pun sulit untuk diberdayakan.

“Namun, mudah-mudahan pembangunan tersebut dapat memberikan jawaban atas kebutuhan pasar sesama PKL. Sekaligus dengan ditambahnya tempat berdagang yang baru, mereka bisa pindah ke Pasar Inpres Blok III. Sehingga lalulintas di lokasi dapat semakin lancar,” tukasnya.

Seperti diketahui, pengerjaan Pasar Inpres Blok III ini dilakukan oleh PT Nindya Karya. Menurut estimasi pengerjaan, pasar ini akan selesai dalam waktu satu tahun enam bulan. Pun begitu walikota Padang, Mahyeldi sangat berharap pasar tersebut segera rampung dan bisa ditempati. (03)

LEAVE A REPLY