Beranda BERITA TERBARU Duterte Sebut Ketua Dewan HAM PBB Idiot

Duterte Sebut Ketua Dewan HAM PBB Idiot

382
0
BERBAGI

MANILAmaklumatnews.net

Presiden Filipina Rodrigo Duterte menyebut Ketua Dewan HAM PBB, Zeid Ra’ad al-Hussein sebagai idiot. Pernyataan ini muncul setelah Zeid  mendesak diadakannya penyelidikan terkait klaim pembunuhan yang disampaikan Duterte.

“Orang ini (Zeid) mungkin pernah menjadi seorang pelawak atau orang gila,” kata Duterte dalam pidato yang disiarkan televisi, seperti dilansir Al Jazeera pada Jumat (23/12).

“Anda pejabat PBB, Anda lebih baik duduk saja, kami membayar gaji Anda. Anda idiot, jangan bilang apa yang harus kami lalukan, siapa yang memberi Anda hak untuk melakukannya?” sambungnya.

Desakan Hussein ini muncul setelah pada awal bulan ini, Duterte kepada sekelompok pengusaha yang ada di Davao mengatakan telah menghabisi 3 penjahat dengan tangannya sendiri. “Saya melakukan secara pribadi hanya untuk menunjukkan kepada orang-orang (polisi) bahwa jika saya bisa melakukannya, mengapa Anda tidak bisa,” kat Duterte kala itu.

Hussein kemudian meminta Filipina untuk meluncurkan penyelidikan pembunuhan yang dilakukan oleh Duterte dan semua pembunuhan dalam perang terhadap narkoba.

“Pihak berwenang peradilan Filipina harus menunjukkan komitmen mereka untuk menegakkan hukum dan kemerdekaan mereka dari eksekutif dengan meluncurkan penyelidikan pembunuhan,” kata Zeid.

“Pembunuhan yang dijelaskan oleh Presiden Duterte juga melanggar hukum internasional, termasuk hak untuk hidup, kebebasan dari kekerasan dan kekuatan, proses hukum dan pengadilan yang adil, perlindungan yang sama di depan hukum dan tidak bersalah sampai terbukti bersalah,” sambungnya.

 

sindonews
(esn)

LEAVE A REPLY