Beranda BERITA TERBARU EKOSISTEM DANAU SINGKARAK TERANCAM

EKOSISTEM DANAU SINGKARAK TERANCAM

492
0
BERBAGI

Tanah Datar-maklumatnews.net-Tebaran sampah yang memenuhi sepanjang tepian Danau Singkarak dalam wilayah jorong Tanjuang Sawah Nagari Malalo Kabupaten Tanah Datar dikhawatirkan dapat merusak ekosistem danau tersebut.

Hal itu disampaikan wakil bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma, SH ketika meninjau kembali lokasi banjir bandang (Galodo) jorong Tanjuang Sawah Jum’at ( 24/1) sekaligus melihat efek lain yang ditimbulkannya.

“Kita sangat prihatin dan khawatir melihat tebaran sampah ini yang didominasi oleh sampah plastik berupa botol-botol dan kaleng-kaleng minuman kemasan ditambah sampah plastik perkakas rumah tangga yang kita tau butuh waktu yang sangat lama untuk proses penguraiannya,” ujar H.Epi.

“Jika kondis ini tidak sesegera mungkin diatasi akan berpengaruh besar terhadap kelangsungan hidup ekosistem disekitar danau, juga berdampak pada kehidupan masyarakat salingka Danau Singkarak yang bermata pencaharian sebagai nelayan”. Wabup yang akrab dipanggil Epi Darma ini menambahkan.

“Untuk menanggulangi semua itu, diharapkan partisipasitif yang tinggi dari masyarakat dalam menjaga kelangsungan hidup ekosistem danau dengan memperhatikan kebersihan dan tidak membuang sampah ke pinggiran danau, jika diperlukan dalam mempertegas semua itu bisa dituangkan dalam bentuk Pernag”. pungkas wabup.

Fajar, salah seorang warga setempat mengatakan bahwa sampah itu bukan hanya berasal dari warga Tanjuang Sawah, namun juga berasal dari daerah lain di salingka Danau, apalagi dengan kejadian galodo beberapa waktu lalu semakin menambah parah tebaran sampah ditepian danau yang terletak di dua kabupaten ini (Solok dan Tanah Datar). semoga kondisi ini dapat segera diatasi dengan kebersamaan yang diamini warga lainnya. tutupnya. (Rf)

LEAVE A REPLY