Beranda BERITA TERBARU Enam Tahapan yang Harus Dilalui Untuk PengendalianSPIP

Enam Tahapan yang Harus Dilalui Untuk PengendalianSPIP

461
0
BERBAGI

Padang-maklumatnews.net–Plt. Sekdako Padang, Vidal Triza membuka dengan resmi Workshop pemantapan SPIP ( sistim pengendalian inter pemerintah), dan penyusunan rencana tindak pengendalian bagi SKPD di lingkungan Pemko Padang, Selasa, (8/11). di Hotel Inna Muara Padang.

Dalam kata sambutan Vidal katakan sesuai dengan PP 60 Tahun 2008, pasal 47 ayat (1), yang bersih Menteri/Pemimpin lembaga, Gubernur/Walikota bertanggung jawab atas aktifitas penyelenggara sistem pengendalian intern di lingkungan masing-masing.

Vidal, setiap SKPD harus sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, maka saya mengajak dan menghimbau saudara agar memulai melaksanakan pengendalian tesebut di masing SKPD, ujarnya.

Melaksanakan SPIP ada enam tahapan yang harus di lalui di antaranya, tahapan pemahaman, Tahapan Pemetaan, Tahapan sarana prasarana, Tahapan monitoring dan tahapan evaluasi serta pengembangan yang berkelanjutan.

SPIP bertujuan agar organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset dan ketaatan terhadap peraturan perundang- undangan.

“Jadi SPIP dapat mencegah terjadi penyimpangan yang mempengaruhi perolehan Opini Pemeriksaan WTP yang telah kita raih,”ujar Vidal.

Selanjutnya Kepala Inspektorat, Andri Yulika, melaporkan jumlah peserta 135 Orang mengikuti Workshop SPIP dan Penyusunan rencana tindak pengendalian (RTP) di lingkungan Pemko Padang

Tujuan di laksanakan workshop, Mereviu kembali pengetahuan peserta terutama Sagala Kota Padang. Untuk memberikan pemahaman dan petunjuk kepada Satkas tentang rencana tindak pengendalian dan penyusunan rencana tindak pengendalian (RTP).

Andri juga sampaikan workshop ini di laksanakan selama 3 hari, berasal dari ut

usan Sagkas SKPD masing-masing sebanyak 2 dua orang, ujar Andri. (tf).

LEAVE A REPLY