Beranda BERITA UTAMA FKDM Terbentuk, Budaya Waspada Semakin Terbangun

FKDM Terbentuk, Budaya Waspada Semakin Terbangun

313
0
BERBAGI

HUMAS PADANG-maklumatnews.net- Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Padang akhirnya terbentuk. Forum ini dikukuhkan Walikota Padang di Balaikota Padang, Senin (25/9).

“Terbentuknya FKDM ini sebagai wadah bagi elemen masyarakat dalam rangka menjaga dan memelihara kewaspadaan dini masyarakat,” ujar Staf Ahli Walikota, Dian Fakri, saat mewakili Walikota Padang pada acara itu.

FKDM ini menggabungkan sejumlah elemen masyarakat, seperti aparatur pemerintah, TNI, Polri, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, elemen pemuda serta masyarakat itu sendiri. Walikota mengatakan, masyarakat perlu dilibatkan dalam kewaspadaan dini. Apalagi saat ini cukup banyak ancaman dan gangguan yang terjadi di tengah masyarakat.

“Karena tidak semua tugas keamanan dibebankan pada aparat hukum. Meski penindakannya adalah wewenang dari aparat hukum, akan tetapi dalam hal pencegahan mesti melibatkan kita sebagai masyarakat,” ujar walikota.

Walikota menyebut, kewaspadaan dini masyarakat adalah kondisi kepekaan, kesiagaan dan antisipasi masyarakat dalam menghadapi potensi dan indikasi timbulnya bencana. Baik itu bencana perang, bencana alam maupun bencana karena ulah manusia.

“Dalam hal ini kewaspadaan dini masyarakat merupakan bagian integral dari penyelenggaraan keamanan dan ketertiban masyarakat,” sebutnya.

Mahyeldi mengungkapkan, wadah FKDM akan menjawab kebutuhan dalam mengakselerasikan terbangunnya budaya di masyarakat. Apalagi dengan telah adanya Permendagri Nomor 12 Tahun 2006 Tentang Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat di daerah atau FKDM, maka keberadaan forum itu perlu terus ditingkatkan, diperkuat, dan dipertajam, khususnya dalam fungsi deteksi dini.

“Koordinasi dengan forum lainnya dan jajaran komunitas intelijen juga perlu lebih didinamisasikan secara optimal, karena hak tersebut merupakan fungsi yang sangat sentral dalam upaya pencegahan dini terhadap gangguan-gangguan dalam masyarakat,” sebut Walikota.

Walikota berharap dengan dilantiknya kepengurusan FKDM akan menambah kewaspadaan dalam pencegahan dini berbagai permasalahan di Padang.

(Charlie)

LEAVE A REPLY