Beranda KOTA PADANG Gedung SKO Pusat Pendidikan Retak-Retak,Siapa yang Bertanggung Jawab?

Gedung SKO Pusat Pendidikan Retak-Retak,Siapa yang Bertanggung Jawab?

609
0
BERBAGI
Ai Pacah-Maklumat News– – Gedung Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO), yang berada di Pusat Pendidkan dan Latihan Olah Raga Pelajar(UPTD PPLP)  yang baru saja selesai dibangun rusak parah. Gedung yang nilainya hampir mendekati angka 16,3 milyar tersebut dipenuhi retakan di sekeliling gedung. diduga kurangnya pengawasan serta perencanaan yang kurang matang menjadi faktor utama penyebab hancurnya proyek tersebut.
Pembangunan Gedung SKO menggunakan dana Bantuan Sosial (Bansos) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendibud RI) tahun 2014 dengan pagu dana senilai Rp. 16.342.720.000,-. Proyek Pembangunan Gedung Keberbakatan Olahraga (SKO) dimenangkan oleh PT. MANGKUBUANA HUTAMA JAYA dengan nilai tawaran Rp. 14.696.650.000,- melalui proses tender ULP Provinsi Sumatera Barat.
Pengerjaan pembangunan gedung yang dimulai pada bulan Agustus 2014 dan telah di PHO pada tanggal 21 Agustus yang lalu, hal ini menimbulkan tanda tanya dari berbagai kalangan. Pasalnya, gedung SKO yang rencananya akan digunakan pada 2016 mendatang dipenuhi retak – retak dalam dan lebar hingga mencapai 10 cm pada sekeliling pondasi gedung. struktur tanah yang labil menjadi faktor pemicu timbulnya retakan-retakan pada sekeliling gedung.
Hal ini di akui PPK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, Rusli Ardion. “Struktur tanah dilokasi labil, karena bekas rawa” ungkap Rusli Ardion. terkait dengan perusahaan selaku pelaksana proyek pembangunan gedung SKO, Rusli Ardion mengaku tak bisa menerima kondisi gedung tersebut “saat ini kami telah mengambil tindakan dengan menyurati perusahaan tersebut” ungkapnya.
Anehnya, saat media ini mencoba mengkonfirmasi lebih lanjut terkait kondisi gedung SKO tersebut, pihak  – pihak yang terkait bersikap saling melempar tanggung jawabnya. persoalan ini seakan sengaja ditutup-tutupi. hal ini tentunya menjadi tanda tanya  besar, ada apa dengan  proyek ini? (S BN)

LEAVE A REPLY