Beranda BERITA TERBARU Google Didesak Terbuka Soal Tunggakan Pajak di Indonesia

Google Didesak Terbuka Soal Tunggakan Pajak di Indonesia

334
0
BERBAGI

JAKARTA-maklumatnews.com

Google diminta oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara untuk terbuka mengenai tunggakan pajaknya selama beroperasi di Indonesia. Pasalnya saat ini raksasa internet Amerika Serikat (AS) tersebut terkesan tidak memiliki itikad baik untuk membayar tunggakan pajaknya tersebut.

Selain harus transparan mengenai tunggakan pajaknya, Rudiantara juga meminta penjualan Google dibukukan di Indonesia. Dengan begitu, pemerintah dalam hal ini Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bisa memantau pergerakan perusahaan over the top (OTT) yakni perusahaan yang memberikan layanan dengan konten berupa data tersebut.

“Harus terbuka, nanti harus penjualannya dibukukan di Indonesia. Lebih transparan lah,” katanya di Kantor Kementerian Koordinator (Kemenko) bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (21/12/2016).

Nantinya, kasus pajak Google ini akan menjadi bahan rujukan untuk menagih pajak perusahaan OTT yang menjalankan usahanya di Indonesia. “Karena akan saya masukan ke dalam peraturan menteri tentang OTT. Surat edarannya sudah dikeluarkan tinggal tunggu penyelesaiannya,” imbuh dia.

Terlepas dari hal tersebut, dia mengaku akan menghormati proses yang berlangsung di Kementerian Keuangan. “Saya menghormati Kementerian Keuangan. Sekarang kan masih proses negosiasi,” tandasnya.

 

sindonews
(akr)

LEAVE A REPLY