Beranda BERITA TERBARU Ibu-Ibu Ekraf Asal Dharmasraya Bahagia Akhirnya Bisa Berkunjung Ke Rumah Rajut Fayari...

Ibu-Ibu Ekraf Asal Dharmasraya Bahagia Akhirnya Bisa Berkunjung Ke Rumah Rajut Fayari Di Payakumbuh

136
0
BERBAGI

Payakumbuh -maklumatnews.net- Rombongan ibu-ibu pelaku ekonomi kreatif (Ekraf) dari Kabupaten Dharmasraya bahagia tak terkira saat berkunjung ke Rumah Rajut Fayari yang berlokasi di Kelurahan Parik Muko Aia Kecamatan Lamposi Tigo Nagori, Kamis (21/10).

Betapa tidak, selama ini mereka berbelanja barang kerajinan Rajut Fayari melalui salah satu reseller di Dharmasraya, mereka penasaran dengan tempat produksi barang yang sering dipasarkan di media sosial itu.

Hal ini diungkapkan salahsatu anggota rombongan, Yenita yang menuturkan sangat takjub dengan Rumah Rajut Fayari, tampak dari wajahnya yang senang saat melihat-lihat produk kerajinan rajutan disana.

“Ternyata di sini tempatnya Rajut Fayari Tersebut, biasanya kami belanja melalui online. Alhamdulillah akhirnya kami bisa langsung berkunjung ke Rajut Fayari Center. Kami sangat senang akhirnya bisa datang langsung melihat ke lokasi tempat kami biasa berbelanja secara daring,” ucapnya bersama ibu-ibu yang lain.

Beberapa anggota rombongan tamu merasa bahagia luar biasa, karena mereka mencari apa yang mereka mau, disini semua yang mereka inginkan tersedia. Di samping menyajikan hasil kerajinan, di Rajut Fayari juga menyediakan bahan dan alat rajut lengkap, sehingga perajut merasa terbantu dengan konsep Rumah rajut Fayari, selain itu, bagi pengunjung yang ingin belajar.

Kedatangan rombongan yang didominasi ibu-ibu itu ke Kota Payakumbuh sengaja dibawa oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Dharmasraya melalui Kabid Koperasi dan Usaha Mikro Yose Sudarso serta 3 Kasi dan 30 orang dari perwakilan Ekraf se Kabupaten Dharmasraya.

Mereka ingin bertemu dengan owner Rumah Rajut Fayari, yakni Latifah Maya Sari alias Teacher Maya. Disana Teacher Maya kemudian memberikan ruang kepada rombongan tamu untuk melihat langsung barang kerajinan yang sudah jadi dan terpajang serta melihat juga proses pembuatannya sambil berdiskusi.

“Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian serta Dekranasda Kota Payakumbuh selalu aktif membina pelaku IKM di Payakumbuh. Ada banyak hal bisa dipaparkan kepada Ketua Dekranasda Kota Payakumbuh Henny Riza Falepi Bersama Kabid Perindustrian Bambang Hermanto dan Kasi Industri Sandang Hayatil Mardhiyah saat mereka sering ke sini dalam rangka memberi pembinaan dan memonitor perkembangan pelaku IKM,” kata Teacher Maya.

“Rajut Fayari juga memfasilitasi untuk belajar merajut secara online, sehingga jarak tak menghalangi mereka untuk belajar merajut,” tukuk Teacher Maya.

Sementara itu, Kabid Yose mengungkapkan kedatangan mereka berkunjung ke Kota Payakumbuh dalam rangka bertukar informasi, selain ingin melihat langsung lokasi kerajinan tangan rajutan yang ada di Kota Payakumbuh, juga berkujung ke Sentra IKM Rendang Kota Payakumbuh yang baru satu-satunya ada di Sumatera Barat.

“Nanti kami juga sempatkan berwisata alam ke Kota Payakumbuh, sekaligus mencoba memanjakan lidah di kota yang sangat terkenal dengan wisata kulinernya ini. Informasi kami dapat, selera dan suasana baru juga kami peroleh,” ucap Yose.

Sementara itu, dihubungi terpisah, Kepala Dinas Nakerin Yunida Fatwa didampingi Sekretaris Usfa Haryanti dan Kepala UPTD P3R Novit Ardy menyampaikan atas nama Pemerintah Kota Payakumbuh mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Dharmasraya melalui dinas Koperasi dan UMKM yang sudah berkunjung ke Kota Payakumbuh.

“Kami sangat senang apabila bisa berbagi ilmu dan informasi kepada perwakilan ekonomi kreatif se Kabupaten Dharmasraya. Semoga apa yang diinginkan dapat menjadi rujukan dan bermanfaat,” ucap Kadis Yunida Fatwa. (FS)

LEAVE A REPLY