Beranda BERITA UTAMA IKM Kompak Dukung Program Pemda Mukomuko

IKM Kompak Dukung Program Pemda Mukomuko

449
0
BERBAGI

MAKLUMATNEWS.NET,(MUKOMUKO) – Ribuan perantau minang yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Minang (IKM) Kabupaten Mukomuko siap mendukung lajunya pembangunan di daerah ini. Hal ini disampaikan oleh Ketua IKM Kabupaten Mukomuko, dr. Surya Darma, Sp.B dalam acara halal bihalal IKM yang diselenggarakan di gedung serba guna, Kecamatan Kota Mukomuko, Minggu (7/8).

‘’Halal bihalal yang kita selenggarakan ini, dalam rangka meningkatkan silaturahmi warga masyarakat minang dan masyarakat Kabupaten Mukomuko. Dengan demikian, kami perantau minang yang di kabupaten ini, siap mendukung lajunya pembangunan daerah melalui berbagai program kerja organisasi,’’ kata Surya.

Surya menjelaskan, untuk sementara ini jumlah perantau minang yang sudah teregister dan memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) IKM sebanyak 1000 jiwa dari 500 KK. Ia mengakui, sebagian besar belum terdata, karena keterbatasan tenaga pengurus. Keberadaan organisasi ini, diharapkan dapat mengayomi anggotanya melalui kegiatan sosial dan lainnya.

‘’Keberadaan IKM, tidak hanya sebagai ajang berkumpul. Tetapi juga berupaya mengayomi anggota, khususnya yang membutuhkan pertolongan. Masing-masing anggota disepakati untuk membayar sumbangan wajib perbulannya Rp 20 ribu yang dikelola oleh pengurus IKM per kecamatan. Dari sumbangan itu, digunakan untuk kegiatan sosial, misalnya jika ada anggota IKM yang terkena musibah sakit parah dan meninggal serta terkena bencana alam,’’ kata Surya.

Selain itu, ia juga menyampaikan aktivitas rutin yang telah menjadi agenda program organisasi. Seperti pengajian dan silaturahmi bulanan disetiap kecamatan dan pertemuan pertiga bulan dengan pengurus IKM kabupaten. ‘’Untuk sementara ini, baru terbentuk tiga kecamatan dan itu juga diagendakan kegiatan bulanan, seperti pengajian dan silaturahmi,’’ imbuhnya.

Tahun ini ia juga akan berupaya meningkatkan ekonomi masyarakat, melalui agenda kegiatan organisasi. Menurutnya, sebuah rencana strategis untuk memacu ekonomi dengan membuat sebuah usaha koperasi. Tak hanya itu, IKM juga berupaya berpartisipasi mengembangkan usaha kecil menengah dengan berbagai produk home industri, salah satunya kuliner khas minang.

‘’Kita tidak ingin organisasi ini hanya menjadi ajang pertemuan dan silaturahmi saja. Kedepannya kita juga berupaya mengayomi anggota melalui program pengembangan ekonomi. Jika disepakati bersama, mungkin akan membuat sebuah koperasi dan kemudian juga mengarah ke unit usaha kuliner,’’ paparnya.

Ketua Panitia Halal Bihalal 1437 H, Saudagar Caniago, SP menambahkan, pelaksanaan kegiatan halal bihalal ini atas dasar hasil musyawarah IKM, dengan tujuan untuk terbinanya silaturahmi dan menumbuhkan rasa kebersamaan antar sesama warga perantau minang dengan masyarakat serta pemerintah kabupaten. Sebelumnya, juga dilaksanakan acara domino yang juga merupakan ajang silaturahmi dengan masyarakat. Sedangkan pelaksanaan kegiatan ini, bersumber dari dana kas dan sumbangan donatur.

‘’Saciok bak ayam, sadaciang bak basi. Data balantai papan, licin balantai kulik, sakik basilau, mati bajanguah, takukik makanan lantak, takuruang makanan kunci, barek samo dipukua, ringan samo dijinjiang, salah batimbang, hutang babayia. Terlaksana acara ini berkat kebersamaan dan kerjsa sama yang baik pengurus IKM, panitia dan bundo kanduang. Atas nama panitia, kami mengucapkan terimakasih,’’ ujar Saudagar.

Jalannya acara dihadiri oleh Bupati Mukomuko, Choirul Huda, SH, Wakapolres Mukomuko, Kompol PM Amin, pimpinan SKPD di lingkungan Pemda Mukomuko. Selain itu, hadir sejumlah pengurus IKM beserta anggota dan Bundo Kanduang Minang Kabau di Kabupaten Mukomuko serta undangan. Halal Bihalal ini diisi dengan ceramah agama yang disampaikan oleh ustad Meidi Hartono, S.Ag dan acara hiburan paduan suara dari Bundo Kanduang, tarian tradisional ala Minang Kabau serta lelang singgang ayam. (rusdi)

LEAVE A REPLY