Beranda BERITA TERBARU Ini Kata Chef Degan Soal Memasak Fusion Indonesia dan Barat

Ini Kata Chef Degan Soal Memasak Fusion Indonesia dan Barat

494
0
BERBAGI

JAKARTA-maklumatnews.net–Seiring perkembangan dunia kuliner, kini perpaduan makanan fusion Indonesia dan Western memang kerap digemari. Menurut chef Degan Septoadji, yang terpenting dari menghidangkan sajian fusion adalah memahami teknik mengolah kedua masakan tersebut agar dapat menghasilkan rasa yang seimbang dan pas ketika disantap.

“Sebenarnya sudah banyak makanan fusion Indonesia dengan luar negeri. Karena saya pendidikannya di masakan Barat, saya juga sering bikin. Tapi yang penting memang kita harus mengerti dua masakan tersebut, harus ngerti teknik makanan Barat, harus ngerti juga makanan Indonesianya,” katanya kepada Sindonews belum lama ini.

Chef Degan pun memberikan salah satu inspirasi masakan fusion perpaduan kudapan Indonesia dan Western yang seringkali dia buat yakni spaghetti aglio e olio dengan ayam bumbu khas Indonesia. Meski dari dua negara yang berbeda, namun kedua hidangan tersebut memang pas disantap bersama karena perpaduan rasanya yang cocok dan menggugah selera.

“Kayak misalnya saya buat spaghetti aglio e olio. Aslinya itu kan cuma pakai bawang putih, olive oil, basil dan chili. Nah saya ambil ayam, saya bikin bumbu Indonesia, ayamnya di-marinade, didiemin satu malam kemudian diungkep dengan bumbunya, abis itu didiemin dulu, kalau mau digoreng sebentar aja,” ujar chef Degan.

Setelah itu, ayam tersebut baru dicampur dengan spaghetti aglio e olio. Pencampuran ini menciptakan perpaduan rasa yang cocok antara ayam rasa Indonesia dengan aglio e olio dari Italia.

“Karena cabai cocok sama ayam, bawang putih juga ada di bumbu ayam. Bedanya hanya di basil, tapi bisa kita ganti dengan kemangi,” ucap dia.

sindonews
(alv)

LEAVE A REPLY