Beranda DPRD KOTA PADANG Iswandi: Illegal Logging Masih Marak

Iswandi: Illegal Logging Masih Marak

355
0
BERBAGI

MaklumatNews.Net– Sekretaris Komisi IV DPRD Padang, Iswandi mensinyalir aksi pembalakan liar (illegal logging) masih marak terjadi di Kota Padang. Banyaknya ditemukan kayu gelondongan di beberapa hulu sungai menjadi indikator kuat aksi pembalakan liar masih berlangsung.

“Saat terjadi banjir yang melanda Kota Padang, Selasa (22/3/2016) lalu, kami menemukan kayu gelondongan. Bahkan, ada yang sudah digergaji,” kata Iswandi.

Anggota dewan dapil Koto Tangah ini menyebut kayu gelondongan tersebut ditemukan di hulu Batang Kuranji, Batang Lubuk Minturun. Menurut Iswandi, apabila aksi pemalakan ini terus dibiarkan maka banjir akan selalu menerjang Kota Padang.

Oleh sebab itu, politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mendesak Pemko Padang bekerjasama dengan aparat berwajib untuk menindak tegas pelaku pemalakan liar. Kemudian, lanjut Iswandi, Dinas Kehutanan lebih instens mengawasi praktek-praktek liar penebangan hutan.

Terpisah, anggota DPRD lainnya Amril Amin menyoroti terjadinya banjir disebabkan terjadinya penyempitan drainase. Kepungan banjir di sebagian besar kecamatan juga dipicu oleh lemahnya pengawasan 30 persen daerah serapan air.

Amril Amin menjelaskan Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan (TRTB) perlu mengkaji ulang tata ruang Kota Padang. Menurutnya, selama ini ada kesan Dinas TRTB mengabaikan tata ruang. Dicontohkannya, banyaknya perumahan yang berada di daerah resapan air menjadi bukti bahwa pembangunan tidak terkendali karena pemberian izin yang serampangan.
“Diminta kepada Dinas TRTB untuk lebih selektif dalam pemberian Izin Mendirikan Bangunan (IMB) bagi developer,” tegasnya.

 

LEAVE A REPLY