Beranda BERITA UTAMA Jaga Persatuan dan Kekompakan Lewat Gerak Jalan

Jaga Persatuan dan Kekompakan Lewat Gerak Jalan

336
0
BERBAGI

HUMAS PADANG-maklumatnews.net- Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo mengimbau kepada generasi muda untuk selalu menjaga persatuan dan kekompakan. Salah satunya melalui olahraga gerak jalan tepat waktu.

Sabtu (26/8) kemarin, sebanyak 4.797 orang ikut ambil bagian dalam lomba gerak jalan tepat waktu antar SD, SMP, SMA/Sederajat SKPD, Instansi, BUMN, TNI dan Polri. Kegiatan ini dibuka di Halaman Parkir Stadion Agus Salim, Sabtu (26/8).

Kegiatan ini, selain dalam rangka memperingati HUT Kota Padang ke-348, juga dalam rangka memperingati HUT ke-72 RI. Kegiatan tersebut dibuka langsung Walikota Padang.

“Ini adalah bentuk kontribusi kita, untuk menghadirkan generasi muda yang memiliki disiplin dan kekompakan,” ujar Walikota Padang.

Mahyeldi mengatakan, dengan menghadirkan bangsa yang sehat dengan sendirinya akan memperbaiki pembangunan. Untuk mencapai itu semua dimulai dengan olahraga kebugaran atau olahraga prestasi.

Walikota menyinggung, tujuan olahraga itu salah satunya yakni untuk menjaga kekompakan, serta menjalin persatuan dan kesatuan bangsa. Karena, tidak mungkin bangsa ini akan disegani jika tidak memiliki kekompakan.

“Memaknai hari kemerdekaan RI, hendaknya kita bisa menghargai jasa para pahlawan yang telah bersusah payah untuk merebut kemerdekaan ini,” jelasnya.

Sementara itu, Kadispora Kota Padang, Azwin menjelaskan, untuk SD/sederajat diikuti sebanyak 165 tim yang terdiri dari 95 tim putra berjumlah 1.235 orang dan 70 tim putri berjumlah 910 orang. Untuk SMP/sederajat diikuti sebanyak 93 tim yang terdiri dari 49 tim putra berjumlah 637 orang dan 44 tim putri berjumlah 572 orang.

Lalu, tingkat SMA/sederajat diikuti 76 tim yang terdiri dari 35 tim putra berjumlah 455 orang dan 32 tim putri berjumlah 416 orang. Serta SKPD, Instansi, BUMN, TNI dan Polri yang berjumlah 44 tim dengan 23 regu putra berjumlah 299 orang dan 21 regu putri berjumlah 273 orang.

“Total semua tim sebanyak 369 tim dengan total peserta sebanyak 4.797 orang. Ini untuk membangun bangsa melalui pembudayaan olahraga, dan menumbuhkan karakter positif pada bangsa ini, termasuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa, memperkokoh ketahanan nasional, dan mengangkat harkat, martabat serta kehormatan bangsa,” paparnya.

Lomba gerak jalan ini mengambil start di Halaman Parkir Stadion Agus Salim melintasi Jalan Raden Saleh, Khatib Sulaiman, Depan Gedung DPRD Sumbar, S Parman, Juanda, Ujung Gurun, Rasuna Said dan finish di Halaman Parkir Stadion Agus Salim untuk putri.

Sedangkan untuk putra, usai sampai di Simpang Ujung Gurun, langsung dilanjutkan ke Veteran, A Yani, Sudirman, Rasuna Said dan finish di Halaman Parkir Stadion Agus Salim.

(Charlie)

LEAVE A REPLY