Beranda BERITA TERBARU Jelang Perjusami, Koramil 01/Pyk Bekali Pramuka Saka Wira Kartika Dengan Kemampuan Navigasi

Jelang Perjusami, Koramil 01/Pyk Bekali Pramuka Saka Wira Kartika Dengan Kemampuan Navigasi

390
0
BERBAGI

Payakumbuh -maklumatnews.net- Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0306/50 Kota memberikan pembekalan materi navrad tentang pengetahuan peta dan kompas,  sebanyak 22 orang anggota Saka Wira Kartika Putra dan Putri, bertempat di aula Koramil 01/Pyk, Minggu (30/6).

Serma Ifnusril sebagai Pamong Saka Wira Kartika memberikan pembekalan seputar navigasi dan pemetaan kepada peserta Pramuka, dalam materinya disampaikan hal-hal yang paling fundamental.

“Kita memberikan materi pengetahuan peta dan kompas, bagaimana menentukan karvak dan koordinat, kompas siang dan kompas malam, dan pengetahuan tanda-tanda peta,” ujar Serma Ifnusril.

Dalam rangka mempersiapkan anak-anak didik di Saka Wira Kartika itu, materi-materi yang disampaikan oleh para penggunanya yaitu pada Babinsa Koramil 01/Pyk di antaranya meliputi pengetahuan mountenering seperti panjat tebing rasa basah, juga ada materi pionir pembuatan jembatan pembuatan perkemahan perbekalan air dan listrik.

Kemudian ada juga materi navigasi darat yang meliputi pengetahuan peta dan Kompas pengaturan Resection intersection selain itu ada juga pengertian Survival yang meliputi pengenalan jenis-jenis tumbuhan yang bisa dimakan, jenis-jenis binatang, server gunung, Rawa, Laut, pengasihan jejak, dan yang terakhir ada juga materi penanggulangan bencana, penanggulangan bencana perjalanan dan penanganan gawat darurat, pengaturan komunikasi radio, serta tata cara memasak dan lain-lain.

Iwan, Sekretaris Pembina Pramuka Korcab Kota Payakumbuh yang ikut mendampingi, mengapresiasi pembekalan materi yang diberikan oleh Pamong dari Koramil, hal tersebut membuat Pramuka Saka Wira Kartika menjadi semakin percaya diri dan memiliki kemampuan dalam navigasi, karena menerima langsung dari ahlinya, yaitu prajurit TNI.

“Semoga peserta hari ini menjadi semakin percaya diri, bertambah semangat, dan juga bangga memiliki bekal yang sangat dibutuhkan untuk mereka, apalagi navigasi adalah hal yang sangat-sangat penting,” ujar Iwan.

Danramil 01/Pyk Kapten Czi. Joni Forta, MP menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh para babinsanya dalam rangka membekali dan mempersiapkan anak-anak Daka Wira Kartika menghadapi kegiatan Perjusami yg akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

“Selain nantinya sebagai tuan rumah, juga sekaligus membentuk karakter jiwa kepramukaan kedepannya, kita juga memberikan kebebasan untuk mempergunakan segala sarana dan fasilitas yang ada di Koramil untuk mendukung kegiatan tersebut,” pungkasnya. (FS)

LEAVE A REPLY