Beranda BERITA TERBARU Jumpa Pers, Menlu AS Diteriaki “Kamu Menciptakan ISIS!”

Jumpa Pers, Menlu AS Diteriaki “Kamu Menciptakan ISIS!”

421
0
BERBAGI

ROMA –Maklmat News— Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) John Kerry mendapat pengalaman yang sedikit tidak mengenakkan saat melakukan lawatan ke Italia. Saat menyampaikan keterangan pers bersama Menlu Italia Paolo Gentiloni, seorang perempuan yang berada di antara hadirin menuding Kerry sebagai orang yang bertanggung jawab atas munculnya ISIS di Timur Tengah.

“Kamulah yang menciptakan Daesh (sebutan lain untuk ISIS),” teriak perempuan yang mengenakan cadar hitam kepada Kerry dan Gentiloni saat keterangan pers akan berakhir. Melihat peristiwa itu, polisi segera mengamankannya dan membawanya keluar dari ruangan.

Dalam kunjungannya yang berlangsung selama satu hari itu Kerry menyatakan keyakinannya akan kemampuan koalisi anti-ISIS pimpinan AS untuk menghancurkan kelompok militan tersebut. Namun, Gentiloni menyampaikan kewaspadaannya akan ISIS.

“Kemajuan telah dibuat, namun kita berhadapan dengan organisasi yang sangat sulit ditaklukkan dan karena itu kita tidak boleh meremehkannya,” demikian disampaikan Gentiloni sebagaimana dilansir Russia Today Kamis (4/2/2016).

Tuduhan bahwa AS bertanggung jawab atas kemunculan ISIS di Irak dan Suriah sering kali muncul, tidak hanya dari dunia internasional, namun juga dari dalam negeri AS sendiri. Invasi AS ke Iraq untuk menurunkan Saddam Hussein dituding menjadi awal terbentuknya kelompok militan yang kini menjadi ancaman serius bagi dunia itu.(S OK)

dka

LEAVE A REPLY